Sekda Kota Probolinggo bersama Kadinkes sedang mengecek mamin.

Sidak, Ditemukan Mamin Kadaluwarsa dan Kemasan Penyok

Probolinggo – Menjelang lebaran (Idul Fitri), Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo pada Rabu pagi (12/04/23) menggelar sidak makanan dan minuman (mamin) di sejumlah swalayan. Hasilnya, petugas gabungan menemukan minuman kadaluarsa, serta makanan dengan kemasan yang rusak.

Petugas gabungan berasal dari Dinas Kesehatan dan P2KB, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, serta Satreskrim Polres Probolinggo Kota.

Swalayan pertama yang disidak adalah Sinar Terang, Jalan dr. Sutomo. Setibanya di lokasi, petugas langsung mengecek sejumlah makanan yang ada di etalase. Mulai dari makanan kering, makanan kaleng, hingga minuman.

Tak hanya di etalase, petugas gabungan juga mengecek makanan dan minuman yang dijual dalam bentuk parsel. Hasilnya petugas menemukan sejumlah makanan yang tidak tertera tanggal kadaluarsanya. Selain itu, petugas juga menemukan makanan dengan kemasan penyok.

“Jadi sidak ini sebagai bentuk pengawasan terhadap makanan dan minuman yang dijual. Karena menjelang lebaran ini, banyak masyarakat yang membeli makanan dan minuman ini kurang teliti salah satunya, tanggal kadaluarsa,” ujar Sekretaris Daerah Kota Probolinggo, Ninik Ira Wibawati.

Dari lokasi pertama, petugas gabungan kemudian bergeser ke lokasi kedua yakni di Angga Mart, Jalan Basuki Rahmad, Kelurahan Mangunharjo. Sama seperti di lokasi sebelumnya, petugas juga melakukan pengecekan makanan dan minuman yang di jual di etalase.

Di lokasi kedua ini, petugas juga menemukan sejumlah produk makanan tidak mencantumkan tanggal produksi ataupun tanggal expired. Selain itu, petugas juga menemukan minuman yang telah kadaluarsa di etalase.

Rata-rata, makanan yang tidak tertera tanggal produksi ataupun tanggal expired ini merupakan kue kering, hingga aneka camilan. Selanjutnya temuan tersebut kemudian oleh petugas ditarik dan tidak dibeli oleh warga.

“Selain penarikan, kami juga akan melakukan pembinaan baik kepada produsen, maupun pihak toko agar dapat menyeleksi kembali makanan dan minuman yang dijual,” imbuhnya. (*)

Baca Juga  Tidur di Pasar Gotong Royong, Anjal Enggan Dipindah

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …