LARIS: Ubaidillah saat mengecek tempat produksi kopyah bordir. (foto: Ainul Jannah)

Berkah Ramadhan, Kopyah Bordir Laris Manis Diburu Pembeli

Probolinggo,- Bulan Ramadhan tak hanya bergelimang kemuliaan dan pahala. Disamping itu, bulan suci ini membawa berkah bagi sebagian warga.

Seperti diakui sepasang suami istri, Abdullah Ubaid dan Durrotun Nashihah. Selama bulan Ramadhan, produk kopyah dengan motif bordir karya keduanya laris manis diburu pembeli, bahkan omset meningkat hingga 50 persen.

Ubaid menjelaskan, kopyah motif bordir yang dikelolanya, merupakan mitra usaha dari Pesantren Tahfidhil Qur’an Riyadlus Sholihin, Desa Rangkang, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Para pemesan, menurut Ubadi, kebanyakan dari sekolah dan pesantren yang memesan songkok bordir dengan nama lembaga. Selebihnya, pemesan berasal dari perorangan.

“Penjualan ke toko saya menerima, cuma saya lebih memprioritaskan ke lembaga pesantren atau lembaga lainnya. Karena saat ini, banyak pesantren yang memerlukan identitas,” kata Ubaid, Kamis (6/4/23).

Pesanan yang diterimanya tak hanya dari lokal Probolinggo, ada juga pemesan dari luar pulau seperti Sumatera, Kalimantan dan NTB. Untuk memesan kopyah produksinya, bisa secara online atau datang langsung ke lokasi.

Kopyah dijual Ubaid mulai harga Rp20 ribu hingga Rp 50 ribu per buah, tergantung tingkat kerumitan motif bordir yang dipesan.

“Dengan jumlah karyawan saya yang 8 orang, itu bisa memproduksi sebanyak 160 songkok. Alhamdulilah, bisa mencukupi kebutuhan pesanan dari lembaga yang ada,” jelasnya.

Selain kopyah, ia juga menerima berbagai busana dan aksesoris muslim, seperti hijab bordir, seragam sekolah, baju koko, dasi, selempang wisuda, dan bordir sejenisnya.

“Awalnya memang konveksi, cuma karena pandemi kemarin kita beralih ke songkok, karena banyak toko dan sekolah yang libur, dan alhamdulilah berjalan lancar. Jadi jika ada pemesanan selain songkok, kami siap memproduksinya,” terangnya.

Produksi songkok tersebut dimulai Ubaid sejak tahun 2020 lalu. Kemudian produksinya terhenti karena terdampak pandemi Covid-19. Saat itulah, terselip ide untuk memproduksi songkok bordir unik sesuai selera pemesan.

Baca Juga  Dongkrak PAD, Restoran hingga Tempat Hiburan di Lumajang Bakal Dipasangi Tapping Box

“Alhamdulilah saat ini sudah berjalan, dan beberapa waktu lalu saya membeli mesin bordir untuk mempermudah pekerjaan para karyawan,” jelas ayah 3 anak ini. (*)

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …