PUSAT PEREKONOMIAN: Pasar tradisional menjadi salah satu pusat penggerak perekonomian di Kabupaten Lumajang. (foto: Asmadi).

Atasi Deflasi, ini Strategi Pemkab Lumajang Genjot Pertumbuhan Ekonomi

Lumajang,- Kabupaten Lumajang disebut sedang tidak baik-baik saja. Pasalnya, roda perekonomian di kota pisang itu tak menunjukan tanda-tanda peningkatan ditengah jeratan deflasi.

Deflasi adalah penurunan nilai barang dan jasa akibat minimnya perputaran uang di pasaran. Deflasi mengakibatkan pertumbuhan ekonomi melambat, bahkan tak jarang jalan ditempat.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka Indeks Perkembangan Harga (IPH) di Kabupaten Lumajang mencapai -0,54. Adapun capaian pertumbuhan ekonomi yang aman atau inflasi berada pada kisaran angka 2,5 sampai 1 persen.

“Kita sekarang mengalami deflasi. Angkanya mencapai (-0,54), maka saat ini kita harus carikan cara agar deflasi tidak terus berlanjut,” kata Pj Bupati Indah Wahyuni, Kamis (25/1/24).

Dilain sisi, deflasi ini juga memiliki dampak ganda, yang menguntungkan konsumen sering harga yang terjangkau. Sebaliknya produsen, tak terkecuali petani, justru bakal dirugikan.

Untuk menangani deflasi, Pemkab Lumajang menurut Yuyun, sapaan Indah Wahyuni, harus menyusun strategi kreatif demi menjaga ketersediaan bahan pokok agar tetap stabil.

Bila perlu, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) harus terus melakukan pemantauan Indek Perkembangan Harga (IPH) yang disediakan oleh BPS.

“Upaya dan kebijakan yang kita lakukan berbasis data. Sehingga kami akan terus memantau dan berkoordinasi untuk menjaga kestabilan ekonomi di Kabupaten Lumajang,” Yuyun menjelaskan.

Langkah-langkah ini dilakukan, sambung Yuyun, guna memastikan keseimbangan yang adil antara konsumen dan produsen.

“Terlebih mengamankan kesejahteraan petani, dan menjaga stabilitas ekonomi di tingkat lokal,” pungkas dia. (*)

 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Minim Pasokan, DKUPP Pertimbangkan Cabai Impor

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …