Pasar Semampir di Kecamatan Kraksaan, salah satu pasar penyumbang PAD retribusi pasar.

Ditarget Rp5,9 Miliar, Retribusi Pasar Masih Minim

Probolinggo – Tahun ini, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo menargetkan retribusi pasar Rp5,9 miliar sebagai Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun sejauh ini capaiannya masih belum maksimal.

Staf Fungsional Penguji Mutu Barang DKUPP Kabupaten Probolinggo, Aditya Arya Guntoro mengatakan, hingga saat ini capaian retribusi tersebut baru Rp805.110.000. Karenanya, pihaknya menilai perlu ada upaya strategis dan kerja keras agar target tersebut bisa tercapai.

“Ada perubahan target. Tahun ini targetnya naik dibandingkan tahun sebelumnya. Jadi, perlu strategi agar capaian bisa maksimal,” katanya, Rabu (29/3/2023).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Adit ini menjelaskan, perolehan lebih dari Rp800 juta tersebut merupakan perolehan hingga Senin (27/3/2023) lalu. Dan hal itu pun dinilainya masih cukup minim. Sehingga, pihaknya menilai perlu ada ketegasan dalam menagih retribusi yang telah ditetapkan.

Sejak awal tahun, pihaknya pun telah berupaya mengevaluasi dan memetakan potensi penghasil PAD sektor pasar. Dari 34 pasar di Kabupaten Probolinggo, potensinya tidak sama.

Sehingga, dengan target yang terbilang cukup tinggi, pihaknya harus bekerja lebih ekstra.

Ia pun menyebut, salah satu upaya untuk mencapai target tersebut adalah dengan memanfaatkan sektor parkir.

Pihaknya terus melakukan pemetaan areal parkir pasar. Hingaa saat ini, dari 34 pasar, baru 21 pasar yang memiliki potensi retribusi parkir.

“Ada beberapa komponen retribusi pasar, di antaranya pasar tradisional, pasar hewan, dan parkir. Semua lini akan kami maksimalkan agar capaian juga bisa maksimal,” ujarnya.(*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Emak-emak Sulap Duri Ikan Jadi Cemilan Gurih

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …