PKL Buah di Ruas Jalan Pangsud Ditertibkan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Operasi penertiban para pedagang buah di sepanjang ruas Jalan Raya Panglima Sudirman kembali digelar anggota Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Kabupaten Probolinggo, Rabu (7/11/2018).

Dalam penertiban Rabu pagi sekitar pukul 08.00, sebanyak 10 lebih pedagang buah yang langsung dipindahkan ke pasar buah yang berada di Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

Pengendali Operasi Lapangan Satpol PP Kabupaten Probolinggo Heri Darianto mengatakan, pihaknya menertibkan para pedagang buah berdasarkan instruksi langsung dari Bupati Probolinggo.

“Hal ini sudah sesuai petunjuk dari Bupati Probolinggo. Seharusnya para pedagang buah tidak berjualan di sepanjang ruas jalan. Karena sudah disiapkan tempat berjualan buahnya,” ujarnya.

Petugas Satpol PP berbincang dengan salah satu penjual buah di ruas jalan Panglima Sudirman. (maf) 

Ia menambahkan, pembangunan pasar buah Semampir, bertujuan untuk mengakomodir para pedagang yang berjualan di ruas jalan nasional.

“Selain bertentangan dengan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2012 tentang Pembinaan dan Penataan Pedagang Kaki Lima hal itu juga, agar jalan tidak terlihat kumuh,” tambahnya.

Dikatakan para pedagang nantinya akan didata oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo. “Nanti yang tidak punya bedak jualan, akan diberi oleh Disperindag,” tuturnya.

Penertiban ini rupanya langsung diterima para pedagang. Salah satunya Umi Kulsum (46) warga Desa Rondokuning, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo mengatakan, penertiban tersebut tidak memberatkan para pedagang.

“Kalau memang mau dipindahkan ke pasar buah, tidak apa-apa, asalkan nanti, kami juga disiapkan tempat untuk berjualan buah-buah kami,” ucap wanita yang sudah 4 tahun berjualan buah ini. (*)

 

Penulis: Moh Ahsan Faradies

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Bupati Tantri Mutasi 446 Pejabat, 3 Kepala OPD Kosong

Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …