Jelang Ramadan, MUI Kab. Probolinggo Larang Patrol Sahur.

Jelang Ramadan, MUI Kab. Probolinggo Larang Patrol Sahur

Probolinggo – Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1444 H, Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Probolinggo mengeluarkan maklumat. Tujuannya, agar kaum.muslimin bisa menjalan ibadah dengan tenang dan damai.

“Makmumat ini hari ini akan kami kirim ke Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Red.) dan juga MUI kecamatan se kabupaten,” kata Sekretaris MUI setempat, Yasin, Senin (20/3/2023).

Dalam maklumat tersebut, terdapat tujuh poin yang dikeluarkan MUI setempat. Pertama, mengajak segenap umat Islam untuk bersama-sama menyambut bulan suci Ramadan 1444 H dengan memperbanyak amal ibadah, baik ibadah ritual maupun ibadah sosial.

Kedua, mengajak kaum muslimin untuk mensucikan jiwa. Dengan cara meningkatkan berbagai amalan ibadah yang dapat memperkuat Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Ketiga, jauhkan diri dari ucapan, perbuatan, maupun sikap yang dapat merusak nilai-nilai ibadah,” ujarnya.

Poin keempat, MUI mengajak kepada aparat keamanan dan ketertiban agar meningkatkan tugas pengamanan dan ketertiban “Seperti melarang petasan, kenalpot brong, miras, dan takbir keliling,” katanya.

Selain itu, pada poin kelima, MUI mengingatkan agar mengikuti Masjid Agung Ar-Raudlah Kraksaan dalam hal jadwal buka puasa, imsak, dan salat fardu kepada kaum muslimin di wilayah Kabupaten Probolinggo Timur. Sedangkan untuk wilayah Probolinggo Barat, diminta mengikuti ketentuan jadwal PCNU Kab. Probolinggo.

Tak kalah penting, pada poin keenam MUI juga meminta kaum muslimin agar saling menjaga ketentraman bulan suci Ramadan. Salah satunya dengan tidak menggunakan pengeras suara luar bagi kegiatan tadarus jika sudah melebihi pukul 22.00 WIB.

“Termasuk tidak melakukan patrol atau pengingat makan sahur sebelum jam 02.30 WIB dini hari,” ucapnya.

Terakhir, MUI mengajak kepada kaum muslimim agar meningkatkan solidaritas sosial dengan menunaikan zakat, infaq, dan sedekah serta memperbanyak doa agar rakyat, bangsa, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tetap dalam rahmat dan perlindungan Allah SWT.

Baca Juga  Hasil Olah TKP, Patung Ganesha Dipastikan Jatuh Kawah Bromo

“Semoga ibadah pada bulan suci Ramadan ini dapat berjalan dengan baik,” paparnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …