PEDAS: Seorang pedagang cabai rawit di Pasar Randuagung Lumajang sedang menunggu pembeli. (*)

Jelang Ramadhan, Harga Cabai Rawit di Lumajang Tembus Rp100/Kg

Lumajang,- Bulan Ramadhan masih dua pekan lagi. Namun harga cabai rawit di pasaran wilayah Kabupaten Lumajang semakin pedas saja.

Salah satu pedagang di Pasar Randuagung, Kecamatan Randuagung, Nurmawati mengatakan, sejak sepekan terakhir ini harga cabai terus mengalami kenaikan.

Bahkan menurutnya, harga komoditas dapur itu naik hampir setiap hari. Kenaikannya berkisar Rp1.500 ribu sampai dengan Rp9.000 per kilogram (kg).

Sebelumnya, kata Nurma, harga cabai rawit masih kisaran Rp60 ribu per kilogram. Namun saat ini, harga cabai rawit telah tembus Rp100 ribu per kilogram.

“Semua harga bahan baku memang sudah mengalami kenaikan. Yang bikin saya kaget itu harga cabai rawit naik jadi Rp 100 ribu per kilogramnya. Padahal sepuluh hari yang lalu harganya masih Rp55 ribu hingga Rp60 ribu per kilogram,” kata Nurmawati saat ditemui di lapak dagangannya, Rabu (9/3/2023).

Nurma menambahkan, kenaikan harga cabai ini disebabkan minimnya stok cabai dari petani ke Pasar Randuagung.

“Pengiriman dari petani dan pengepul ke pasar mulai berkurang. Makanya harga terus naik. Untuk cabai karena harganya naik, maka pembeli pun berangsur sepi,” tambahnya.

Sementara itu, Musta’in, petani cabai di Dusun Krajan, Desa/Kecamatan Randuagung, menyampaikan, naiknya harga cabai salah satunya disebabkan curah hujan yang terus berlangsung. Padahal saat ini seharusnya sudah memasuki musim kemarau.

“Banyak tanaman cabai yang rusak disini. Daunnya keriting dan batangnya membusuk lalu mati. Kalau terus begini, mungkin harga cabai akan terus naik,” kata Musta’in saat ditemui di rumahnya.

Sebagian petani baru memasuki musim tanam. Sementara untuk cabai yang mulai berbuah banyak yang rusak. “Karena diguyur hujan terus-menerus,” imbuh dia. (*)

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  Kabar Baik! Jalur Curah Kobokan Sudah Bisa Dilewati, Namun Harus Hati-hati

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …