OPERASI PASAR: Puluhan warga antri beras murah yang disalurkan Pemprov Jatim. (foto: Asmadi)

Cegah Lonjakan Harga, Pemprov Jatim Gelontorkan 18 Ton Beras Murah di Kota Pasuruan

Pasuruan,- Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar operasi pasar beras murah di Pasar Besar Kota Pasuruan, Rabu (15/3/2023) pagi. Ratusan warga yang didominasi emak-emak menyerbu belasan ton beras murah yang didistribusikan.

Mereka rela antri untuk mendapatkan beras murah. “Saya antri sudah tiga jam, mulai jam 7 pagi tadi. Alhamdulillah sudah dapat,” kata Jubaidah, (52) warga Trajeng, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyatakan, Pemprov Jatim menyalurkan 18 Ton Beras untuk disalurkan ke pedagang serta masyarakat di Kota Pasuruan.

Belasan beras murah tersebut disebar di 6 titik, yakni di Pasar Besar, Pasar Kebonagung, Pasar Karangketug, Pasar Gadingrejo, Taman Kota dan GOR Kota Pasuruan.

Dalam operasi pasar ini, Pemprov Jatim menjual beras medium kualitas baik dengan harga Rp. 43.000 per kemasan 5 kilogram (kg). Artinya, beras yang dijual dalam operasi pasar ini hanya Rp8.600 per kilogram.

Harga ini jauh dibawah Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras medium yakni Rp9.450 perkiligram. Sedangkan harga beras medium yang dijual di Pasar Kota Pasuruan ini saat ini berkisar Rp11.000 per kilogram

“Operasi pasar hari ini dijual dibawah harga HET seharga Rp 8.600 per kilogram. Untuk Pasar Besar Kota Pasuruan kami mendistribusikan sebanyak 8 ton,” urai Khofifah didampingi Wakil Walikota Pasuruan, Adi Wibowo.

Khofifah menegaskan, sirkulasi dan distribusi beras hari-hari ini harus semakin dipercepat. Sebab jika ada keterlambatan akan langsung berpengaruh pada harga beras.

“Kemarin harga beras medium di Kota Pasuruan sempat tembus Rp11.000 per kilogram, padahal dua hari lalu sudah sesuai HET Rp9.450 pernah kilogram. Jadi operasi pasar hari ini kita turunkan untuk konsumen dan siang nanti untuk pedagang berasnya,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Stok Melimpah, Harga Cabai di Jember Anjlok

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …