Pupuk Subsidi Berkurang, Hanya 115.438 Petani yang Berhak

Pupuk Subsidi Berkurang, Hanya 115.438 Petani yang Berhak

Probolinggo – Tahun ini, Kabupaten Probolinggo mendapatkan alokasi pupuk bersubsidi sebanyak 54.405 ton. Terdiri dari Urea sebanyak 31.011 ton dan NPK sebanyak 23.394 ton.

“Keputusan dari Gubernur Jatim begitu, jumlahnya 54.405 ton,” kata Kepala Bidang Sarana Penyuluhan dan Pengendalian Pertanian Bambang Suprayitno, Rabu (15/2/2023).

Ia pun menyebut, jumlah subsidi untuk kedua jenis pupuk tersebut mengalami sedikit perubahan dari tahun lalu. Pada 2022, jumlah total pupuk subsidi untuk keduanya mencapai 39555 55.593 ton.

Dengan rincian Urea sebanyak 33.890 ton. Sedangkan untuk NPK mencapai 21.703 ton.

“Untuk awal tahun lalu masih ada jenis pupuk lain yang disubsidi, tapi sejak adanya Permentan (Peraturan Menteri Pertanian, Red.) Nomor 10 tahun 2022 yang diundangkan per Juli, maka pupuk subsidi hanya tersisa dua jenis, Urea dan NPK itu. Dan itu berlaku sampai sekarang,” paparnya.

Ia menyebut, jumlah pupuk tersebut akan dialokasikan pada sejumlah petani yang sudah terdata dan terinput di e-alokasi. Jumlahnya terdapat ratusan ribu petani yang terdaftar. Sedangkan luas lahan yang dimiliki petani yang berhak mendapatkan pupuk subsidi tersebut jumlahnya, maksimal seluas dua hektare.

“Sesuai dengan hasil input data e-alokasi, jumlah petani di Kabupaten Probolinggo sebanyak 115.438 orang sesuai dengan NIK,” katanya.

Bambang juga menjelaskan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan pendataan terhadap penyaluran pupuk subsidi kepada para petani. Namun, adanya kendala di sistem penginputan data, pihaknya pun belum dapat memastikan berapa jumlah pupuk subsidi yang sudah tersalurkan.

“Untuk Januari, biasanya tanggal 10 Februari itu sudah masuk laporannya. Tapi sistem verval masih trouble yang di pusat, jadi belum masuk laporannya,” paparnya.(*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Musim Paceklik, Ini Kiat Peternak Lebah Madu Lumbang Agar Tetap Produksi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …