SOLID: Wabup Timbul (pegang bendera) saat melepas jalan sehat yang digelar PAC Ansor Krejengan. (foto: Ainul Jannah).

Jalan Sehat jadi Cermin Kekompakan Nahdliyyin Menyambut Resepsi 1 Abad

Krejengan,- Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo, menggelar sejumlah kegiatan menyambut Resepsi 1 Abad Nahdlatul Ulama (NU), 7 Februari 2023 mendatang.

Ragam kegiatan yang digelar diantaranya jalan sehat dan bazar UMKM, di Lapangan Desa Krejengan, Minggu (29/1/23). Meski lapangan becek akibat diguyur hujan, namun tak mengurangi antusiasme warga.

Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko dalam sambutannya sebelum melepas jalan sehat mengingatkan warga NU (nahdliyyin) untuk selalu kompak demi menjaga keutuhan NKRI.

“Saya hanya ingin mengingatkan, kekompakan warga NU seperti ini harus tetap dijaga dan ditingkatkan. Karena keutuhan NKRI lebih terjamin ketika warga NU selalu solid,” kata Timbul.

Menurutnya, soliditas dan militansi kadang dianggap sepele. Padahal dua hal itu amat menentukan keutuhan sebuah komunitas, tak terkecuali dalam lingkup berbangsa dan bernegara.

“Jika solid, kesempatan oknum yang ingin memecah belah NKRI dapat kita antisipasi dengan mudah. Dengan semakin tuanya umur NU, maka akan semakin banyak lagi tantangan, terlebih dengan berkembangnya teknologi,” urai Timbul.

Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Krejengan, Bashori mengatakan, dalam jalan sehat ini pihaknya sengaja melibatkan sedikitnya 20 UMKM di wilayah Kecamatan Krejengan untuk memasarkan produknya.

“Peserta yang ikut kami estimasikan ribuan peserta. Untuk UMKM sendiri, itu ada 20 stand kami siapkan dan terisi semua mulai dari makanan ringan, minuman, dan UMKM produk masyarakat lokal Krejengan,” papar Bashori.

Dijelaskan Bashori, jalan sehat ini menjadi ‘pemanasan’ jelang keberangkatan kader ke Resepsi 1 Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo, pekan depan.

“Saya berharap, dengan bertambahnya umur NU ini, dapat memperkuat jalinan persaudaraan warga NU di seluruh Indonesia,” pungkasnya.

Baca Juga  PPKM Darurat, Persyaratan Naik Kereta Api Diperketat

Dalam jalan sehat ini, selain Wabup Timbul hadir sejumlah tokoh NU. Diantaranya Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Probolinggo, Ahmad Sruji Bachtiar dan Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, Moh. Haerul Amri. (*) 

 

Editor: Mohamad S

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Anggaran Dipangkas, Sejumlah Proyek di Kota Probolinggo Berpotensi Gagal

Probolinggo,- Perubahan alokasi anggaran di Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo membuat sejumlah proyek pembangunan diprediksi gagal. …