Plt Bupati Sentil Kades yang Keluarganya Sering Masuk Penerima Bansos

Probolinggo,- Plt Bupati Probolinggo, A. Timbul Prihanjoko menyentil ratusan kepala desa (kades) terpilih setelah dilantik di Gedung Islamic Centre (GIC) Kraksaan, Rabu (13/4/2022). Sentilan itu terkait program bantuan sosial (bansos) yang belum tepat sasaran kepada masyarakat.

Politisi PDI-P tersebut meminta kepada para kades terpilih agar menggunakan anggaran termasuk Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tepat sasaran. Lebih lagi, diperuntukkan kepada pembangunan yang bisa bermanfaat kepada masyarakat luas.

“Kenapa saya bilang seperti itu, karena setiap pengajuan anggaran untuk pembangunan itu di daftarnya pasti selalu pagar kuburan. Bukan tidak boleh, tapi kurang tepat aja, lebih baik untuk sesuatu yang memang urgen dan berdampak kepada masyarakat,” kata Timbul.

Selain itu, Timbul juga mengingatkan kepada para kades terpilih agar bisa turut membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menurunkan status kemiskinan nomor empat se-Jawa Timur. Salah satunya, melalui program bansos yang harus tepat sasaran.

“Kalau tidak miskin jangan dimasukkan, kalau keluarga sendiri jangan dibebankan ke pemerintah, tanggung sendiri. Ini bukan penekanan, tapi memang harus dan pemaksaan. Karena harapan kami, melalui pilkades ini catatan 2020 turun untuk angka kemiskinan,” tuturnya.

Di sisi lain, sambung pria asal Kecamatan Maron itu, pihaknya mewanti-wanti agar tidak ada euforia berlebihan dilakukan pendukung kades. Hal tersebut, juga untuk menghindari kembali panasnya suasana ataupun kondisi dari pihak lain.

“Mending selamatan sederhana, tidak usah konvoi biar tidak panas. Yang dalam pemilihan banyak mengeluarkan biaya lebih baik santai di rumahnya pikirin hutangnya, punya toleransi, selamatan pahalanya besar daripada konvoi,” ujar Timbul. (*) 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Laka di Randuputih, Pengendara Motor Tewas

Baca Juga

Kadisperta Pensiun, Kekosongan Jabatan Eselon II Pemkab Probolinggo Bertambah

Probolinggo,- Jumlah kekosongan pejabat eselon II di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo kembali bertambah. Hal ini …