Pantaskah Gus Haris jadi Tokoh Penggerak Ekonomi Pesantren? ini Jawabannya

Surabaya,- Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo, Gus dr. Mohamad Haris Damanhuri Romli menerima Anugerah NUConomic 2022 kategori Tokoh Penggerak Ekonomi Pesantren dari Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama Jawa Timur (LPNU Jatim), Sabtu (17/12/22).

Direktur NUConomic LPNU Jatim, Lutfi Ishomuddin mengatakan, Gus Haris terpilih sebagai penerima Anugerah NUConomic 2022 kategori Tokoh Penggerak Ekonomi Pesantren karena dinilai konsisten dalam pemberdayaan ekonomi kreatif di lingkungan pondok pesantren (Ponpes).

Konsistensi menggerakkan ekonomi kreatif itu, lanjut Lutfi, tidak hanya dilakukan secara personal, melainkan juga berbasis komunitas. Bahkan Gus Haris secara berkala selalu menginisiasi kegiatan yang menjadi roda penggerak ekonomi pesantren.

“Ada beberapa tokoh yang kita skrining, akhirnya terpilih lah Gus Haris. Jadi perannya bukan hanya tahun ini, dari sebelum Covid-19 sampai sesudah Covid-19, Gus Haris ini konsisten dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat di lingkungan pesantren,” urai Lutfi.

Lutfi mencontohkan, beberapa event besar yang diinisiasi Gus Haris dan mampu membuka kran ekonomi masyarakat Pesantren Zainul Hasan Genggong, diantaranya Ngaji Tani Akbar Nusantara, Muktamar Kopi Pesantren hingga Genggong Go Green.

“Nah, visi ekonomi kreatif yang dimotori Gus Haris ini mampu memberikan injeksi semangat di lingkungan pesantren, sehingga lahirlah produk-produk unggulan di Pesantren Zainul Hasan Genggong, seperti Suweg Lapis, Beras Analog dan sebagainya,” paparnya.

Dalam penganugerahan pertama sepanjang sejarah NUConomic LPNU Jatim ini, dijelaskan Lutfi, ada tiga kategori yang ditetapkan untuk mengapresiasi kader dan tokoh-tokoh NU, yang dinilai berjasa dalam menggerakkan ekonomi masyarakat.

Tiga kategori itu meliputi katagori Pengurus Cabang Lembaga Perekonomian (PC LPNU) yang aktif kolaboratif, Tokoh Penggerak Ekonomi Pesantren, dan Tokoh Penggerak UMKM.

“Nah, penerima Anugerah Tokoh Penggerak Ekonomi Pesantren ini jatuh kepada Gus Haris,” pungkas Lutfi.(*) 

Baca Juga  Remaja Putri di Winongan Jadi Korban Dukun Cabul

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Kendalikan Inflasi, Pemkab Lumajang Ajak Masyarakat Tanam Tanaman Cepat Panen

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, mengajak masyarakat menanam pangan cepat panen untuk menekan angka inflasi. …