UNIK: Wali Kota Probolinggo memamerkan Al Qur'an Akbar yang sengaja dipesan dari Wonosobo. (foto: Hafiz Rozani).

Cetak Generasi Penghafal Al-qur’an, Pemkot Probolinggo Gelar MTQ, Pesertanya Ratusan

Kademangan,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo menggelar Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) atau lomba membaca Al Qur’an dengan lagu yang diikuti ratusan peserta se-Kota Probolinggo.

Melalui MTQ ini, Wali Kota Probolinggo, Habib Hadi Zainal Abidin berharap, akan lebih banyak lahir generasi penghafal Al Qur’an di Kota Probolinggo.

MTQ se-Kota Probolinggo diawali dengan pembukaan di Lapangan Kademangan, Sabtu malam (17/12/22). Sebanyak 288 peserta ikut dalam MTQ, yang mewakili 5 kecamatan di Kota Probolinggo.

Pembukaan MTQ diawali dari sambutan Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Probolinggo, Agus Dwiwantoro. Menurut Agus, MTQ ke-30 tingkat Kota Probolinggo 2022 ini bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan meningkatkan pemahaman Al Qur’an di kalangan masyarakat.

MERIAH: Suasana pembukaan MTQ Kota Probolinggo 2022 yang digelar di Lapangan Kademangan tampak meriah. (foto: Hafiz Rozani).

“Selain itu mengembangkan minat dan bakat peserta, serta melestarikan seni dan budaya bangsa Indonesia dalam membaca Al Qur’an,” ujarnya.

Selanjutnya, dilakukan penyerahan Al Qur’an Akbar, pesanan Pemkot Probolinggo dari Yayasan Al Qur’an Wonosobo Jawa Tengah. Al Qur’an Akbar ini berukuran 1 meter x 1,5 meter dengan berat 50 kg.

Sebelum diserahkan, Wali  Kota Habib Hadi diberi kesempatan untuk menulis huruf terakhir di dalam Al Qur’an Akbar tersebut. Selanjutnya, penyerahan Al Qur’an ditandai dengan pemukulan bedug oleh Forkopinda Kota Probolinggo.

Setelah itu, giliran Habib Najib bin Hasan Al Haddad, memberikan ceramah agama. Dalam ceramahnya, Habib asal Ampel, Surabaya ini memuji MTQ yang digelar oleh Pemkot Probolinggo.

Dengan gelaran ini, sebut Habib Najib, akan banyak anak muda yang cinta Al Qur’an. Selain itu, dengan MTQ ini, akan lebih banyak lagi anak muda yang jadi penghafal Al Qur’an.

“Dengan banyak anak muda yang menjadi penghafal Al Qur’an, Insya Allah masa depan mereka akan menjadi orang baik, serta akan memiliki bekal di kehidupan selanjutnya,” ungkap dia.

Baca Juga  Lima Desa di Lumbang ‘Digerojok’ Seribu Sapi

Antusiasme peserta MTQ di Kota Probolinggo, imbuhnya, dapat dilihat adanya semangat para anak muda untuk belajar, khususnya belajar Al Qur’an. Ini sangat membanggakan Allah SWT dan Rasulullah SAW.

“Marilah di zaman yang luar biasa ini, kita lebih banyak dan lebih memperkuat iman kita kepada Allah SWT, sehingga kita dapat selamat dunia dan akhirat,” pesan Habib Najib.

Wali Kota Habib Hadi mengaku bersyukur, Pemkot Probolinggo dapat menggelar MTQ. Harapannya, terjaring bibit – bibit muda berprestasi yang akan dikirim ke tingkat provinsi atau nasional.

“MTQ yang kita gelar ini merupakan komitmen kita untuk mengajak anak-anak hingga usia dewasa sesuai kriteria. Sehingga ke depan lebih banyak lagi generasi penghafal Al Qur’an di Kota Probolinggo,” ujarnya. (Adv)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …