Gus Haris Diganjar Penghargaan Anugerah NUConomic 2022, Kategori Tokoh Penggerak Ekonomi Pesantren 

Surabaya,- Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama Jawa Timur (LPNU Jatim) memberikan penghargaan kepada Pengasuh Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo Gus dr. Mohammad Haris Damanhuri Romli, Sabtu (17/12/22).

Penghargaan yang diterima kiai muda yang biasa disapa Gus dr. Haris itu, berupa Anugerah NUConomic 2022″ kategori Tokoh Penggerak Ekonomi Pesantren. Piagam penghargaan diberikan di Aula KH Hasyim Asy’ari, Gedung PWNU Jatim Surabaya.

“Alhamdulillah, matur nuwun sanget, atas pemberian penghargaan yang diberikan kepada saya, jujur ini surprise karena tidak pernah terbayang akan mendapat seperti ini,” kata Gus Haris.

Meski mengakui terkejut, namun dijelaskan Gus Haris, menggerakan ekonomi di lingkungan pesantren baginya bukan hal baru. Sebab setidaknya selama 10 tahun terakhir, ia kerapkali menginisiasi kegiatan yang berorientasi pada ekonomi kreatif pesantren.

“Gerakan ekonomi pesantren yang kami lakukan berbasis komunitas, setiap even apapun yang kita adakan di sekitar pesantren itu harapannya bagaimana bisa memberikan manfaat terutama syiar dalam berkhidmat mengenalkan pesantren di beberapa komunitas, seperti komunitas petani, komunitas hobi dan sebagainya,” urainya.

Berawal dari even-even yang digelar di sekitar pesantren itulah, imbuhnya, muncul peluang untuk mengembangkan potensi pengembangan ekonomi dalam skala komunitas, terutama bagi kelompok milenial.

“Dengan begitu akan memunculkan semangat di orang-orang sekitar terutama pada santri untuk berbuat lebih, agar mereka bisa bermanfaat bagi banyak orang,” tutur keponakan Ketua MUI Jatim, KH. Mohamad Hasan Mutawakkil Alallah ini.

Gus Haris berpesan, para pegiat ekonomi pesantren khususnya kelompok milenial, agar tetap bergerak dan produktif. Selain itu, ia mendorong kelompok milenial tidak malu dan gengsi untuk terus belajar.

“Ingat bahwa suksesnya seseorang itu bukan dilihat dari seberapa kaya harta yang kita dapat, tetapi seberapa manfaat kita pada sesama,” pesannya.(*) 

Baca Juga  Membahayakan! Tiang Telkom ini Nyaris Roboh

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …