Salah satu pos jaga perlintasan kereta api yang berada di Jalan Flamboyan yang dibangun Dishub Kota Probolinggo. (foto: Hafiz Rozani)

Tiga Pos Perlintasan KA di Kota Probolinggo Belum Beroperasi, Terkendala ini

Probolinggo,- Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo telah menyelesaikan pembangunan tiga pos jaga perlintasan kereta api (KA) di tiga titik. Pengoperasian tiga pos tersebut masih menunggu usulan tambahan personel.

Kabid Lalu Lintas Angkutan Jalan, Dishub Kota Probolinggo, Purwanto Novianto mengatakan, 3 pos di 3 titik sudah rampung, namun pengoperasian masih menunggu petugas penjaga pos.

“Jadi saat ini tiga pos jaga perlintasan kereta api belum beroperasi karena saat ini kami masih mengusulkan untuk tambahan personel yang nantinya akan ditempatkan untuk menjaga pos jaga tersebut,” ujar Purwanto, Jumat (5/1/24).

Karena saat ini ada kebijakan tidak boleh untuk merekrut Pegawai Tidak Tetap (PTT) maka untuk rekruitmen dan penambahan personil untuk tiga pos berada di ramah Pemkot Probolinggo.

Keputusan untuk pengajuan personel ini karena seluruh personel Dishub Kota Probolinggo sudah menduduki jabatan di berbagai sektor. Sehingga Dishub tidak bisa menggunakan personelnya untuk ditempatkan di tiga pos tersebut.

Selain menunggu personel baru, tiga pos perlintasan KA tersebut secara keseluruhan sudah berfungsi dan siap untuk dioperasikan.

“Jika nantinya usulan tambahan personel disetujui, maka personel tersebut akan menjalani pelatihan, kemudian dilakukanlah uji coba, dan barulah pos jaga perlintasan tersebut mulai beroperasi,” imbuhnya.

Diketahui Dishub Kota Probolinggo membangun tiga di tiga titik perlintasan sebidang. Yakni, di Jalan Flamboyan, Kelurahan Pilang, Jalan S. Parman, Kelurahan Jati, dan Jalan Sunan Muria, Kelurahan Kebonsari Wetan.

Selain membangun tiga pos dengan palang pintunya dengan anggaran total Rp 570 juta, Dishub juga mengganti palang pintu pos perlintasan di JPL 189 tepatnya di Jalan Anggrek. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Kali Dipenuhi Sampah, Kades Selogudig Kulon; Kesadaran Masyarakat Rendah

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …