CAT Berakhir, Sejumlah Peserta Tak Hadir

Probolinggo – Tes tulis berbasis Computer Assisted Test (CAT) dalam penjaringan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Probolinggo resmi berakhir, Rabu (7/12/2022). Tes yang dimulai sejak Selasa (6/12/2022) kemarin diikuti ribuan peserta pelamar jabatan badan adhoc Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat kecamatan.

Komisioner KPU setempat, Aliwafa mengatakan, semula CAT ini direncanakan diikuti 1.073 peserta yang dinyatakan lulus administrasi. Namun, saat pelaksanaan, sekitar 20 peserta tidak menghadiri tes yang digelar di salah satu sekolah di Kecamatan Kraksana tersebut.

“Ada yang datang terlambat, tetap kami persilakan mengikuti tes, namun tidak mendapatkan tambahan waktu. Sedangkan yang tidak hadir, secara otomatis tidak mempunyai nilai,” katanya, Rabu (7/12/2022).

Ia menjelaskan, dalam CAT ini terdapat 75 soal yang harus dikerjakan selama 90 menit. Jawaban dari soal tersebut nilainya dapat langsung diketahui oleh peserta pasca menyelesaikan hasil tesnya.

“Ada 10 ruangan yang kami pakai, masing-masing ruangan untuk 18 peserta. Dan sehari, ada tiga gelombang tes. Hasilnya tesnya bisa langsung diketahui beberapa menit setelah tes per gelombangnya selesai,” paparnya.

Ali pun melanjutkan, meski terdapat beberapa peserta yang tidak hadir. Kuota pada setiap kecamatan sudah terpenuhi. Sehingga, saat ini pihaknya sedang melakukan perekapan nama-nama peserta yang akan melanjutkan pada tahapan selanjutnya.

“Kami ambil dari nilai tertinggi. Maksimal pada masing-masing kecamatan itu ada tiga kali kebutuhan yang bisa ke tahapan selanjutnya, kebutuhannya lima. Jadi bisa sampai lima belas orang,” katanya.

Namun, jika peringkat 15 dan 16 memiliki kesamaan nilai dari CAT tersebut, pihaknya akan tetap memasukkan peringkat 16 untuk mengikuti tahapan selanjutnya.

“Kalau sama nilainya, boleh ditambah. Besok rekap nama-nama yang berhak ke tahapan tes wawancara sudah bisa diketahui, kami umumkan besok,” ujarnya.(*) 

Baca Juga  Banyak Pasar Kumuh dan Bau, Disperindag Canangkan Lomba Pasar Bersih

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Tolak Perda Tempat Hiburan, Warga Geruduk Kantor DPRD Pasuruan

Pasuruan,- Sejumlah warga mendatangi kantor DPRD Kabupaten Pasuruan, Kamis (25/4/2024) siang. Kedatangan massa dari sejumlah …