DISAMBUT: Tim Kirab Pataka dari Jer Basuki Mawa Beya disambut dengan Kesenian Jaran Kencak setibanya di Lumajang. (foto: Asmadi)

Jaran Kencak Sambut Tim Kirab Pataka Jatim Setibanya di Lumajang

Lumajang,- Tim Kirab Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya dalam rangka memperingati Hari Jadi Jawa Timur yang ke-78 tiba di Kabupaten Lumajang, Kamis (5/10/23) sore.

Menariknya, dalam acara tersebut ada pertunjukan kesenian Jaran Kencak yang ikut menyambut kedatangan Tim Kira Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya dari Kabupaten Malang.

Bendera pataka ini sebelumnya tiba di Kabupaten Malang dan diserahkan ke Kabupaten Lumajang. Dalam acara tersebut, hadir Forkopimda Lumajang dan peserta apel Kirab Pataka di depan Pendopo Arya Wiraraja.

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni mengatakan, kirab pataka ini simbol terbangunnya sinergi yang kuat antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan pemerintah kota/kabupaten di wilayahnya.

“Sehingga jalannya pembangunan bisa berseiring antara pemerintah provinsi dengan pemerintah kabupaten dan kota di Jawa Timur,” katanya.

Untuk menyambut kedatangan Tim Pataka, kata Indah, pihaknya menyajikan pertunjukan kesenian khas Kabupaten Lumajang, yakni Jaran Kencak sekaligus sebagai wahana promosi wisata.

“Makanya kami mengangkat kesenian Lumajang seperti Jaran Kencak ini. Tadi bagus sekali pertunjukannya, menariknya, kudanya itu bisa mengikuti gerakan jokinya,” puji Yuyun, sapaan akrab Indah Wahyuni.

Ia berharap, kesenian dan kebudayaan di Lumajang bisa dilestarikan. “Kita tingkatkan, kita lestarikan dan untuk meningkatkan sekt pariwisata Lumajang,” sambungnya.

Indah Wahyuni saat memimpin upacara, membacakan Ripta Prasasti yang berisi amanat dari Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Selanjutnya, ada penyerahan bendera Pataka yang dilakukan Satpol PP Kabupaten Malang ke Satpol PP Kabupaten Lumajang. (*)

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Harga Pasir Lumajang Bakal Dinaikkan, begini Alasannya

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …