Indonesia KLB Polio, Lumajang Masih Aman

Lumajang,- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, menetapkan status kejadian luar biasa (KLB) polio tahun ini. Indonesia menjadi negara ke-16 yang melaporkan kasus virus polio tipe 2.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) Kabupaten Lumajang, dr. Bayu Wibowo Ignasius memastikan, di wilayahnya kasus polio aktif belum ditemukan. Bahkan, pada anak balita pun, hingga saat ini belum ada.

“Belum ada kasus polio pada anak hingga saat ini di Kabupaten Lumajang,” katanya saat dimintai keterangan lewat telepon, Sabtu (26/11/22).

Meski demikian, kata Bayu, pihaknya terus melakukan pemantauan untuk memastikan penularan penyakit tersebut. Namun, sejauh ini masih belum ada tanda-tanda di sepanjang tiga tahun ini.

“Kita melakukan pemantauan melalui Surveilans AFP. Artinya pengamatan dilakukan terhadap semua kasus lumpuh layuh akut pada anak usia dibawah 15 tahun yang merupakan kelompok rentan terhadap penyakit polio,” ujarnya.

Menurutnya, cangkupan vaksinasi polio tetes dan suntik di kota pisang selama ini cukup baik. Sebab, pihaknya juga melibatkan lintas sektor terkait secara rutin, termasuk para kader lapangan yang berada dibawah binaan instansi kesehatan.

“Setiap kali posyandu, kader dan bidan desa punya target cakupan pemberian vaksin pada balita. Bahkan, bila ada informasi balita yang tidak datang ke posyandu, para kader, perawat, beserta bidan wajib jemput bola untuk skrining,” paparnya.

“Intinya adalah bagaimana kita melindungi anak dari penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi,” imbuhnya memungkasi. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  PT AFU Dipanggil Komisi III, DLH Jatim Beri Sanksi

Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …