Tahun Ajaran Baru, Anggota DPR-RI Haerul Amri Dorong Perbaikan Gedung SDN Rusak Diprioritaskan 

Paiton,- Anggota DPR-RI Dapil Jawa Timur II, Mohammad Haerul Amri, mendorong perbaikan gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) rusak di Kabupaten Probolinggo, diprioritaskan memasuki tahun ajaran baru tahun ini.

Sebab menurut anggota Komisi X DPR-RI Fraksi Nasdem ini, saat ini di Kabupaten Probolinggo masih terdapat sejumlah gedung SDN yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

“Komisi kami, memang salah satu fokusnya adalah bidang pendidikan. Pendidikan di Kabupaten Probolinggo sendiri, nantinya akan lebih kami fokuskan lagi dan akan kami bahas (perbaikan gedungnya),” kata Amri saat menghadiri Halal Bihalal PC PMII Probolinggo di Pantai Bohay Paiton, Minggu (29/5/22) sore.

Politisi yang kerap disapa Gus Aam ini memastikan, ia akan mengupayakan anggaran untuk perbaikan gedung sekolah, termasuk di Kabupaten Probolinggo, kembali normal seperti saat pandemi Covid-19 belum melanda.

Bahkan, sambung mantan Ketua Umum PC PMII Jombang ini, untuk memastikan perbaikan gedung SDN rusak berlangsung cepat, ia akan mengunjungi sekolah-sekolah guna melihat kondisinya secara langsung.

“Kalau dulu-dulu itu kan memang ada refocusing dan tidak hanya di sektor pendidikan saja semua anggaran dipangkas untuk penanganan pandemi. Tetapi sekarang karena sudah landai, akan kami upayakan agar normal lagi,” janjinya.

Sekedar informasi, sepanjang tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Pendidikan (Dispendik) sudah memperbaiki 7 gedung SDN, yang dinilai kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

Tujuh gedung SDN tersebut dipoles menggunakan anggaran yang berbeda-beda. Sebanyak 4 sekolah menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan biaya menelan sekitar Rp 4.165.090.000.

Lalu, 3 gedung SDN sisanya diperbaiki dengan menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU), yang besarannya mencapai Rp 1.150.000.000.

Beberapa SDN yang diperbaiki menggunakan DAK yakni SDN Kedungcaluk 2 Krejengan, SDN Gunggungan Kidul 2 Pakuniran, SDN Klaseman Gending, dan SDN 1 Tiris.

Baca Juga  Miris! Ayah di Purwosari Tega Gagahi Anak Tiri

Sedangkan SDN yang dipermak menggunakan DAU, meliputi SDN Palosan 3 Krucil, SDN Besuk 1 Bantaran serta SDN Tukul 3 Sumber. (*)

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Maaf! Tidak Ada WFH di Pemkot Probolinggo, ASN Wajib Ngantor

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo memutuskan untuk tidak menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Seluruh …