Trafo Tersambar Petir, Tiga Kecamatan Gelap Gulita

Besuk,- Hujan deras disertai petir yang melanda sejumlah wilayah Kabupaten Probolinggo, Jum’at (27/5/22), membawa dampak buruk. Dua trafo milik PLN (Perusahaan Listrik Negara) Kraksaan tersambar petir sehingga aliran listrik tersendat.

Dua trafo yang tersambar petir diketahui berada di Desa Widoro, Kecamatan Krejengan dan Desa Alassumur Lor, Kecamatan Besuk. Akibatnya, sejumlah desa di Kecamatan Besuk gelap gulita.

Desa-desa di Kecamatan Besuk yang mengalami pemadaman diantaranya Desa Alassumur Lor, Alaskandang dan Sumberan. Warga mengeluh karena aktifitas mereka terganggu.

” Ya mau buka konter HP saya tidak ada betrainya, mau mandi pompa air tidak bisa dipakai. Padam disini lumayan lama, karena PLN juga tidak bisa langsung perbaiki karena hujannya awet,” kata Joni, warga Desa Alassumur Lor, Minggu (29/5/22).

Manager Unit Pelayanan Pelanggan (ULP) PLN Kraksaan Hendy Pranata mengakui, pihaknya memang kesulitan untuk langsung memperbaiki trafo yang tersambar petir.

Sebab menurutnya, hujan disertai petir merata terjadi di wilayah Kabupaten Probolinggo. Alhasil, petugas dilapangan juga tidak bisa seleluasa bergerak seperti biasanya.

“Kami sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menangani beberapa kecamatan yang mengalami mati lampu akibat trafo listrik konslet terkena hujan dan petir. Namun, kami terkendala karena kami tidak bisa langsung mengecek trafo,nkeadaannya masih basah. Itu sangat membahakan petugas yang beroperasi di lapangan,” papar Hendy.

Hendy menjelaskan, beberapa trafo yang sempat mengalami gangguan di beberapa kecamatan seperti di Kecamatan Krejengan, Pakuniran, dan Besuk saat sudah kembali normal setelah pihaknya melakukan perbaikan maraton sejak Minggu pagi.

“Alhamdulillah sekarangbaliran listrik kembali normal seperti semula. Ya memang agak terkendala karena hujan sangat lama. Kami tidak bisa langsung memperbaiki ataupun mengecek trafo dalam keadaan basah, sekarang di wilayah Kecamatan Besuk, Krejengan dan Pakuniran sudah normal dan tidak padam lagi,” ia memungkasi. (*) 

Baca Juga  Jelang Puasa, Sirup Pokak Produksi Warga Wonoasih Diburu Pembeli

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Truk Vs Truk Tabrakan di Jalur Pantura Bangil, Sopir Kritis

Pasuruan,- Kecelakaan lalu lintas terjadi di jalur pantura Raci, tepatnya di depan Pengadilan Agama (PA) …