Besok, KPU Pleno PAW Wijayanti

Kraksaan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo akan segera melakukan pleno Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat. Sidang pleno ini akan dilakukan setelah meninggalnya politisi Partai Nasdem, Wijayanti Kusuma Dewi pada 19 Oktober lalu.

“Senin (21/11/2022) besok kami pleno, surat dan berkas calon penggantinya sudah masuk ke kami,” kata Komisioner KPU setempat, Agus Hariyanto Andinata, Minggu (20/11/2022).

Untuk calon pengganti Wijayanti yang akan diplenokan sesuai dengan usulan dari Partai Nasdem. KPU akan melakukan penilaian kelayakan terhadap Tutik Susilowati, calon pengganti Wijayanti. Di mana dalam Pemilu lalu, Tutik berhasil memperoleh 1.622 suara.

“Hasil dari pleno ini nanti akan kami sarahkan ke DPRD, untuk diproses lebih lanjut,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Fraksi Partai Nasdem di DPRD Kabupaten Probolinggo, Sugito mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan komisi yang akan ditempati oleh pengganti Wijayanti. Yakni di komisi yang sebelumnya diisi oleh Wijayanti.

“Sesuai dengan aturan yang berlaku, pengganti almarhumah ini akan ada di Komisi II,” katanya.

Sebagai informasi, almarhumah Wijayanti merupakan politisi dari Partai Nasdem yang maju dari Daerah Pemilihan (Dapil) V (Leces, Banyuanyar, dan Tegalsiwalan). Wijayanti berhasil memperoleh 4.796 suara.

Seharusnya pengganti Wijayanyi adalah Usman yang memperoleh 3.218 suara. Namun, Usman juga sudah meninggal, sehingga Tutik Susilowati pemegang suara terbanyak selanjutnya dengan perolehan 1.622 suara yang akan menggantikannya. (*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Mudik Lebaran Dimulai, Warga Mulai Titipkan Kendaraan ke Polsek

Baca Juga

Dikeluhkan Warga, Pj Bupati Ultimatum Rumah Produksi Ayam Potong di Paiton

Probolinggo,- Adanya rumah produksi ayam potong di Desa/Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, dikeluhkan oleh masyarakat setempat. …