Petugas Rutan Kraksaan saat mengecek kondisi kamar penghuni tahanan (Foto : Ainul Jannah)

Rutan Kraksaan Overload, Petugas Kesulitan Kontrol Warga Binaan

Kraksaan,- Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, mengalami overload (kelebihan kapasitas) Warga Binaan Pemasyarakatan (WPB). Akibatnya, petugas pun kesulitan melakukan kontrol.

Pelaksana Harian (PLH) Kepala Rutan Kelas II B Kraksaan Fathur Rasi mengatakan, saat ini rutan dihubungu 397 warga binaan. Terdiri dari 302 narapidana dan sisanya sebanyak 95 orang merupakan tahanan.

“Maksimal kapasitasnya 304 orang dengan sekitar 26 kamar yang ada didalam,” kata Rasi, Minggu (30/10/22).

Rasi menjelaskan, dari 26 kamar yang tersedia sejatinya memiliki kapasitas berbeda. Ada empat kamar berukuran besar dan satu kamar dihuni oleh warga binaan perempuan.

“Untuk kamar yang besar, bisa dihuni 40 orang. Namun disini dihuni lebih dari itu. Begitu pula kamar-kamar lainnya jadi tidak sesuai dengan kapasitasnya,” terang dia.

Akibat overload, papar dia, pihaknya kesulitan melakukan kontrol, terutama kondisi kesehatan WBP yang ada di rutan karena minimnya tim kesehatan yang ada di rutan.

Alhasil, ia pun terpaksa harus me meminta bantuan Puskesmas Kraksaan untuk mengecek kondisi kesehatan para warga binaan secara berkala.

“Tim medis atau klinik disini ada. Sehingga kami meminta bantuan Puskesmas Kraksaan. Setiap minggu, Puskesmas Kraksaan melakukan kontrol kepada WBP secara bergantian,” ia memungkasi. (*) 

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga  5.000 Nasi Kotak untuk Warga Terdampak Banjir

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …