WISATA EDUKASI: Salah seorang wisatawan memeras susu kambing di Gootzila Farm. (foto: Asmadi)

Mengunjungi Gootzila Farm, Berwisata Sambil Peras Susu

Lumajang,- Wilayah Kabupaten Lumajang tidak hanya dianugerahi eksotika alam mumpuni. Diluar itu, ada sejumlah destinasi wisata buatan yang layak dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan.

Salah satunya, wisata Gootzila Farm yang berada di lereng Gunung Semeru. Destinasi ini adalah edukasi wisata yang berada di Desa Kandangtepus, Kecamatan Senduro.

Di tempat wisata ini, pengunjung bisa berinteraksi dengan aneka satwa, khususnya kambing Etawa. Para pengunjung juga dapat melihat puluhan kambing etawa yang jumlahnya puluhan ekor.

Untuk masuk ke kawasan ini, pengunjung cukup membayar uang masuk Rp50 ribu per orang. Di kawasan ini, pengunjung juga diperbolehkan memberi pakan satwa.

Tentu yang paling menarik perhatian adalah memerah susu kambing hingga memberi minum anak-anak kambing dengan dot. Pengalaman yang tidak bisa ditemui di wahana lainnya.

“Di wisata edukasi peternakan kambing ini pengunjung bisa memberi makan kambing, memerah susu, menggendong anak kambing, serta menikmati olahan susu kambing,” ujar Lutfi, pengelola wisata edukasi petenakan kambing Goatzilla Farm, Minggu (30/10/2022).

Salah satu pengunjung, Mohammad Sid’in mengatakan, selain dapat memerah susu dari kambing etawa, ia juga dapat dengan langsung meinum hasil perasan susu tersebut.

“Disini saya dapat banyak pengetahuan soal cara berternak kambing dan cara memerah susu dengan benar,” ujarnya.

Sid’in merasa senang berwisata di Goatzilla Farm karena memberikan pengalaman yang berbeda. Bahkan, ia mengaku akan datang lagi untuk belajar cara beternak kambing etawa lebih jauh.

“Suasananya nyaman serta bisa memeras susu kambing, memberi makan kambing, dan banyak lagi yang lainnya,” pungkas Sid’in. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga  Seniman Nusantara Melukis Diatas Awan Bromo

Baca Juga

TWSL Masih Jadi Wisata Favorit Libur Lebaran di Probolinggo

Probolinggo,- Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL) Kota Probolinggo masih menjadi tempat favorit warga pada libur …