Ranu Segaran yang terletak di Desa Segaran, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. (dok)

Air Ranu Segaran Tercemar Pestisida, Warga Resah

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Kadar air Ranu Segaran membuat warga Dusun Paras, Desa Segaran, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo resah. Pasalnya, air ranu disinyalir telah tercemar pestisida, sehingga warga kwatir pencemaran itu membahayakan keselamatan. Padahal selama ini, air ranu dikonsumsi oleh warga sekitar.

Andika (30) salah satu warga Dusun Paras menyebut, air Ranu tercemar oleh pestisida jenis Decis. Akibat pencemaran itu, udang yang menjadi satwa endemik ranu mati. Kini warga yang mengambil air ranu dengan cara menggunakan pompa air ataupun menimba , was-was jika air beracun itu tetap mereka konsumsi.

“Air ranu ini digunakan warga, saat ini warga resah karena banyak orang yang menggunakan decis untuk menangkap udang. Padahal sejak dulu, airnya diminum oleh masyarakat sekitar, terutama warga Dusun Paras yang terletak di utara ranu,” terang Andika, Jumat (29/12/2017).

Aktifitas penangkapan ikan dengan Decis, menurut Andika, dilakukan setiap pagi hari, sekitar pukul 04.30-05.00 WIB. Para pemburu udang berkumpul di pinggir timur Ranu Segaran. Pestisida dicampur dengan pasir lalu campuran itu dilempar ke pinggiran ranu.

“Dengan menggunakan senter, mereka kemudian berjalan dipinggir ranu menangkap udangnya” tutur Andika, pria dengan dua anak ini.

Sayangnya, obat kimia pembunuh hama itu tak hanya mematikan udang di pinggiran ranu, tetapi juga membunuh udang yang berada di tengah karena cairan pestisida terbawa air. Padahal dilokasi yang sama, merupakan tempat dimana warga sekitar mengambil ari untuk kebutuhan sehari-hari.

“Para pencari udang itu, kebanyakan warga dari desa lain, tetapi juga ada yang dari desa sini. Harapan saya, pemerintah segera bertindak agar warga disini merasa aman,” tukas Andika.  (din/arf).

Baca Juga  Okupansi Hotel di Kawasan Bromo Naik, 10% Wisman Asia

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …