Tak Ditemukan Lima Obat Sirup 5 Berbahaya di Apotek

Probolinggo – Polres Probolinggo bersama Dinas Kesehatan dan BPOM Kabupaten Probolinggo mengecek peredaran obat sirup yang mengandung Etilen Gelikol di sejumlah apotek, Selasa (25/10/2022). Hasilnya, tidak ditemukan apotek yang menjual lima obat sirup yang mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG).

Pihak apotek yang didatangi petugas gabungan ini untuk memastikan, lima obat sirup yang diduga menjadi penyebab ginjal akut pada anak sudah tidak diperjualbelikan lagi.

Kelima obat sirup yang dilarang beredar tersebut yakni, Termorex sirup (obat demam), Flurin DMP sirup (obat batuk dan flu), Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), Unibebi Demam Sirup (obat demam), dan Unibebi Demam Drops (obat demam).

“Setelah adanya pengumuman larangan memperjualbelikan beberapa jenis obat sirup, petugas gabungan langsung melakukan patroli, dan pengecekan di apotek di Kabupaten Probolinggo. Hasilnya obat sirup tersebut sudah tidak diperjualbelikan di apotek di Kabupaten Probolinggo,” ujar Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi.

Selain melakukan pengecekan, petugas gabungan juga mengimbau apotek di Kabupaten Probolinggo, agar mematuhi pengumuman pemerintah melalui Kemenkes RI dan BPOM. Yakni, untuk menarik dan tidak menjual lima jenis obat sirup yang sudah dirilis.

Tak hanya itu, imbauan dan edukasi juga diberikan kepada masyarakat agar membeli, atau memperoleh obat hanya di apotek, toko obat resmi, Puskesmas, hingga rumah sakit.

“Jika membeli obat usahakan obat yang dibeli dicek mulai dari kemasan, label, izin edar, hingga kadaluarsa. Apa yang kita lakukan semoga dapat menyelamatkan anak-anak dari potensi terkena penyakit berbahaya,” imbuh Kapolres Probolinggo. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Covid-19 Mereda, Fasum Abaikan Prokes dan Scan Barcode Peduli Lindungi

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …