Masuki Musim Penghujan, Peralatan Kebencanaan di Lumajang Masih Terbatas

Lumajang,- Saat ini, Kabupaten Lumajang sedang memasuki musim Pancaroba, peralihan dari musim kemarau ke penghujan. Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menyiapkan pasukan dan peralatan untuk kesiapsiagaan penanganan bencana alam.

Ratusan personil disiapkan dalam apel gelar pasukan di lapangan Alun-alun Lumajang, Selasa (25/10/2022). Sejumlah personil TNI Polri, BPBD, Dishub, Satpol PP, PMI, Tagana, Damkar, dan tenaga kesehatan, hadir dalam giat apel terebut.

Bahkan, beberapa peralatan kebencanaan seperti perahu karet, gergaji mesin, drone, tenda pengungsi, masker gas, kendaraan rescue, hinga peralatan untuk dapur umum juga telah disiapkan.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengatakan, Kabupaten Lumajang memiliki letak geografis yang terdiri dari pegunungan hingga pantai sehingga bencana alam bisa datang kapan saja.

“Ada pesisir pantai selatan, area hutan, kawasan pegunungan, sungai aliran lahar. Tentu semua itu perlu kesiapsiagaan peralatan dan pasukan untuk penanganan bencana,” kata Cak Thoriq, panggilan Thoriqul Haq.

Saat ini Pemkab Lumajang, lanjut Thoriq, masih membutuhkan peralatan tambahan. Sebab, peralatan yang dimiliki saat ini masih sangat terbatas untuk penanganan bencana.

Meski begitu, pihaknya akan melakukan koordinasi terkait adanya kekurangan alat itu ke pihak terkait. Selain itu, para personil perlu dilatih lebih untuk mematangkan dalam penanganan bencana melalui simulasi tanggap bencana.

“Betul kita punya keterbatasan peralatan, tapi itu akan dikoordinasikan dengan lintas kelembagaan. Kemudian, untuk kemampuan pasukan harus terus dilatih,” tandas dia. (*)

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Zainul Hasan R

Baca Juga  Panen Raya, Nangka Lumajang Siap Pasok Pasar Buah Pulau Jawa

Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …