Warga Curahsawo Keluhkan Buangan Limbah Pabrik Gula

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Warga Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo mengeluhkan pembuangan limbah pabrik gula (PG). Pasalnya limbah tersebut sempat membuat warga terluka bakar.

Berdasar pantauan PANTURA7.com, Limbah PG tersebut dibuang di sisi timur areal Bukit Bentar, tepatnya di Desa Curahsawo. Salah satu warga sekaligus pemilik lahan Sarip (65) mengaku, tanahnya dijadikan timbunan limbah.

“Ini tanah saya ditempati limbah pabrik gula. Mungkin ini dari PG Wonolangan, Dringu. Soalnya kapan itu ada yang jadi korban sampai terluka kakinya saat hendak mancing,” kata Sarip, Senin (29/10/2018).

Korban sendiri menurutnya lamgsung dibawa ke Rumah Sakit Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Ia pun berharap ada upaya dari pabrik gula untuk menutup buangan limbahnya.

Dikonfirmasi di kantornya, Manager Pengelolaan PG Wonolangan, Yus Asmoro mengaku, mendapat informasi tersebut Bahkan pihaknya sudah menjamin untuk biaya korban di rumah sakit.

“Ya kami dengar informasi tersebut, meski kami belum tahu pasti itu limbah dari PG mana kami merasa bertanggung jawab dan menanggung biaya perawatan korban,” katanya.

Diketahui, Muhammad Rahmad (36) warga Desa Mranggonlawang, Kecamatan Dringu mengalami luka bakar setelah terperosok di tanah yang menjadi timbunan abu ketel pada Jumat (25/10/2018) lalu.

Pihaknya menyebutkan, limbah tersebut ialah abu ketel yang merupakan abu pembakaran di PG. Diduga itu limbah yang sudah lama namun masih menyimpan panas.

“Itu kami telusuri adalah pembuangan limbah sudah lama sekitar 2005 sampai 2011. Namun kami belum tahu apa dari PG Wonolangan atau PG Gending. Soalnya dulu warga ninta urukan abu ketel dikasih saja,” ucapnya.

Sejak ada peraturan terkait Proper (Program Kinerja Peringkat Perusahaan) pabrik tidak boleh memberikan bebas abu ketel tersebut. Hingga kini pihaknya hanya memberikan abu ketel dan bekerja sama dengan instansi. Pasalnya abu ketel bisa dimanfaatkan untuk pupuk. (*)

Baca Juga  Relokasi Pedagang Pasar Wonoasih Tuai Protes

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Januari-Mei, 8 Kecelakaan Terjadi di Perlintasan Sebidang Wilayah Daop 9 Jember

Probolinggo,- PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 9 Jember mencatat, sejak Januari hingga Mei 2024 …