BERDAMPAK: Kebakaran pabrik kayu di Kota Pasuruan nyaris hanguskan 7 rumah warga. (foto: Moh. Rois)

Pabrik Kayu Ludes Terbakar, Nyaris Hanguskan 7 Rumah

Pasuruan,- Sedikitnya, 7 rumah terdampak kebakaran Pabrik kayu PT Hasil Alam Indo Indah (PT HAII) yang berada di Jalan Ahmad yani no 73, Kelurahan Gadingrejo, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Minggu (16/10/22) malam.

“Informasi yang kami terima disekitar pabrik ada tujuh rumah yang terdampak, tiga rumah ikut Kelurahan Gadingrejo, yang empat masuk wilayah Kelurahan Karangketug,” kata Kepala BPBD Kota Pasuruan, Samsul Hadi.

Menurut Samsul, meskipun ada rumah yang terdampak, namun tidak sampi meludeskan bangunan. Selain itu, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Untuk menjinakkan amukan si jago merah, dijelaskan Samsul, 3 mobil damkar dan 1 truk water suplay dari Kota Pasuruan dibantu 2 mobil damkar dari Kabupaten Pasuruan serta 1 truk water suplay dari Yon Zipur diterjunkan ke lokasi kejadian.

“Petugas pemadaman kewalahan karena hembusan angin sangat kencang. Kendalanya angin, sehingga kita ada kesulitan sedikit,” paparnya.

Untuk penyebab kebakaran, Samsul belum bisa memastikan. Namun menurut Samsul, di PT HAII sering terjadi trobel pada crobong asap yang mengalami over heat.

“Di PT HAII ini sering trobel pada crobong asap, kita sudah memberikan saran untuk maintenance atau pemeliharaan di crobong asap, tapi hari ini sangat besar sekali,” Samsul memungkasi.

Informasi yang dihimpun, kebakaran ini baru bisa dipadamkan setelah petugas berjibaku memadamkan api selama sekitar 4 jam. Belum diketahui kerugian yang ditimbulkan akibat musibah ini. (*)

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga  Kunjungi Kawasan Terdampak Banjir, Anisa Syakur Targetkan Bangun Plengsengan dan Jembatan

Baca Juga

Truk Bermuatan Pampers di Lumajang Jatuh ke Jurang

Lumajang,- Diduga sopir mengantuk, truk bermuatan pampers terjun ke jurang sedalaman 10 meter di Jalan …