Dianggarkan Rp3 M, Jogging Track Taman Maramis – Bundaran Gladser Segera Dibangun

Probolinggo – Rencana Pemkot Probolinggo membangun jogging track jalan tembus Taman Maramis – Bundaran Gladak Serang (Gladser) segera dikerjakan. Pembangunan proyek fisik yang direncanakan selesai akhir 2022 itu murni untuk jogging track.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman (PUPR), Setyorini Sayekti saat dikonfirmasi, Selasa (4/10/2022) mengungkapkan, pembangunan jogging track jalan tembus ini masuk pelimpahan proses lelang ke pengadaan barang dan jasa (PBJ), yang mana masih belum ada pemenang tender proyeknya.

Sesuai rencana, dengan anggaran Rp3 miliar, panjang jogging track sekitar 1 km. Meskipun jalan tembus, nantinya jogging track tersebut dikhususkan bagi masyarakat yang berolah raga dan tidak diperuntukkan bagi kendaraan bermotor.

“Dengan lebar tak sampai 6 meter, kita juga harus memikirkan aliran air hujan, karena kanan dan kiri merupakan sungai. Sedangkan untuk jogging track ini akan menggunakan paving minimal menggunakan jenis K300, sehingga kuat,” ujarnya.

Untuk memperindah jogging track ini juga akan ada tempat duduk, PJU, serta akan bangun gapura gerbang. Selain itu, jogging track tersebut diupayakan ramah disabilitas.

Untuk mempercantik jogging track di tahap kedua nanti juga akan dibangun taman-taman tematik pada tahun 2023. Pada tahap awal akan ditanami pohon-pohon besar untuk peneduh di samping kiri dan kanan.

“Selain itu, ada fasilitas taman untuk lansia. Dan juga kita bangun wahana yang ramah anak. Sehingga tidak hanya digunakan sebagai jogging track, tapi juga dapat digunakan untuk area berkumpul keluarga,” ujar Rini.

Fasilitas lain yang ada nantinya aliran sungai di sebelah selatan akan ditutup dengan box culvert. Sehingga aliran air dapat berjalan dan di atasnya dibangun seperti pujasera dan area berkumpul anak muda, dan tempat pengembangan ekonomi kreatif.

Baca Juga  Peringati Muharam dan HUT Kemerdekaan, P2WKP Santuni Anak Yatim

“Meskipun pengerjaan jogging track ini tahun tunggal di mana akhir Desember selesai, namun pada tahun ini kita bangun jogging track jalan tembus dulu dan pemasangan box culvert, di tahun 2023 akan dilanjutkan dengan pembangunan infrastruktur lainnya,” imbuhnya.(*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …