Dishub Akan Bangun Tiga Pos Perlintasan KA Tahun Depan

Probolinggo – Rencana Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo membangun satu dari tiga perlintasan kereta api (KA) di Jalan S. Parman, Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan tahun ini batal terlaksana. Namun setelah diusulkan, pembangunan post perlintasan KA itu akan diwujudkan tahun depan bersama dua perlintasan KA lainnya.

Hal tersebut disampaikan Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub setempat, Purwantoro. Dikatakan pembangunan pintu perlintasan KA diusulkan tahun ini dan direalisasikan tahun depan.

“Pembangunan ini kami usulkan pada tahun ini untuk diakomodir pada tahun depan, sehingga anggara pembangunan tiga perlintasan kereta api ini pada ABPD tahun 2023,” ujarnya, Jumat (9/9/2022).

Sementara, terkait rencana pembanguanan satu dari tiga perlintasan KA pada tahun ini, kata Purwantoro, telah diusulkan melalui perbahan anggaran keuangan (PAK) untuk pembangunannya. Namun karena tidak terealisasi, maka ketiga pos perlintasan KA dibangun pada tahun depan.

“Untuk pembangunannya sama seperti rencana yakni, pos serta palang pintunya di mana untuk kebutuhan anggarannya sesuai rencana sebelumnya,” katanya.

Diberitakan sebelumnya, Dishub Kota Probolinggo akan membangun tiga titik perlintasan KA. Lokasinya di Jalan Flamboyan, Kelurahan Pilang, Jalan S. Parman, Kelurahan Jati, dan di Jalan Sunan Muria, Kelurahan Kebonsari Wetan.

Untuk pembangunan setiap perlintasan kereta api lengkap dengan bangunan pos dan palang pintu dianggatkan sekitar Rp30 juta. Selain itu, pembangunan ini sudah mendapat rekomendasi dari Kementerian Perhubungan Dirjen Perkeretaapian tentang pendirian pos perlintasan sebidang dengan Nomor KA.008/6/3/KS/DJKA/2021.(*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Laka di Jalur Sby-Malang, Nyawa Pemotor tak Tertolong

Baca Juga

Maaf! Tidak Ada WFH di Pemkot Probolinggo, ASN Wajib Ngantor

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo memutuskan untuk tidak menerapkan kebijakan Work From Home (WFH). Seluruh …