Momentum Asyura, Warga Pesisir Pasuruan Gelar Petik Laut

Pasuruan, – Warga pesisir di Desa Pulokerto, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan gelar Tradisi Petik Laut dengan melarung sejaji ke tengah laut. Larung sesaji ini merupakan wujud rasa syukur terhadap sang pencipta.

Terlihat ratusan warga dari berbagai usia turut mengiringi kegiatan ini, Selasa (9/8/22). Dengan diiringi doa, mereka lalu membawa sesaji berupa kepala sapi untuk dibuang ke laut.

Salah satu nelayan yang ikut dalam acara petik laut, Samian, mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap Asyura, yakni tanggal 10 Muharram tahun hijriah. Kegiatan ini menjadi simbol rasa syukur atas tangkapan ikan selama setahun terakhir.

“Warga rutin gelar kegiatan ini setiap asyura,” kata Samian kepada wartawan.

Menurut Samian, dalam ritual itu warga juga berdoa agar tahun depan tangkapan ikan melimpah. Dengan begitu, mereka tetap bisa memberi rejeki pada keluarga.

“Semoga tahun depan hasil tangkapan ikan melimpah, selama ini kami hidup kebanyakan dari tangkapan ikan di laut,” ujarnya.

Sementara itu, Anggota Polairud Polres Pasuruan, Aipda Laswanto mengatakan, kegiatan ini memang rutin digelar setiap tahunan. Kegiatan petik laut ini diikuti oleh kurang lebih 150 nelayan dari 50 lebih perahu.

“Setiap tanggal 10 Muharram warga rutin menggelar petik laut. Alhamdulillah dalam kegiatan ini kericuhan di laut,” paparnya. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Hadipro Diwarnai Pawai Budaya 70 OPD dan Masyarakat

Baca Juga

Bibibi, Tradisi Membagikan Makanan Jelang Lebaran yang Tak Lekang Waktu

Probolinggo,- Ada tradisi unik yang dilaksanakan menjelang Hari Raya Idul Fitri yakni, Bibibi. Tradisi membagikan …