Pedagang Bendera Musiman Menjamur, Raup Keuntungan hingga Rp3 Juta

Lumajang,- Menjelang puncak perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, berbagai pernak-pernik bendera merah putih di Kabupaten Lumajang, laris manis diserbu pembeli. Para pedagang musiman pun juga mulai bermunculan.

Herman adalah seorang penjual pernak-pernik bendera di Jalan Brigjen Katamso, Desa Tempokersan, Kecamatan/Kabupaten Lumajang mengatakan, tahun ini ia sengaja datang bersama tiga orang temannya dengan lokasi yang berbeda.

“Kalau benderanya sih, saya ambil di bos yang sama, cuman untuk lokasinya saya bedakan, agar pemasarannya tidak disini semua,” kata Herman, Selasa (9/8/2022).

Pria yang setiap harinya berprofesi sebagai petani ini mengaku sudah tiga kali datang ke Kabupaten Lumajang untuk berjualan bendera musiman. Bendera-bendera tersebut diambil dari pengrajin di Kabupaten Kediri.

Dalam sehari, lanjut Herman, dirinya bisa meraup omzet sekitar Rp 650.000 dengan total penjualan 30 hingga 50 bendera berbagai ukuran dan jenis yang berbeda.

“Kalau harga beda-beda. Dari ukuran kecil hingga yang besar, ada yang seharga Rp25 ribu sampai Rp 50 ribu,” ujarnya.

Bendera yang kerap dipasang oleh masyarakat, imbuhnya, rata-rata seharga Rp 25 ribu. Sedangkan untuk bendera jenis umbul-umbul, yang dipasang seharga Rp50 ribu.

Bahkan Herman mengaku, walau dirinya hanya pedagang musiman, namun dalam sekali penjualan ia bisa meraup untung bersih hingga Rp3 jutaan.

Menurutnya, ia melakoni usaha sampingan ini lantaran tidak memiliki resiko tinggi. Sebab, bendera ini ia ambil dari bosnya tanpa modal alias modal nekat saja.

“Saya kan jualnya bukan milik pribadi, melainkan barang orang. jadi kalau tidak habis, barang kita kembalikan lagi,” terangnya.

Sedangkan untuk kebutuhan yang lain, dirinya mengaku ditanggung oleh bos pemilik bendera. Hanya saja untuk kebutuhan pribadi seperti rokok dan makan, ia mamakai uang pribadi.

Baca Juga  Banyak Padi Terendam Banjir, Hasil Panen Anjlok

“Untuk kebutuhan seperti sewa kos dan uang transportasi sudah ditanggung pemilik barang. Kita cuma keluar uang untuk makan sama rokok,” pungkasnya.

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga

Bawang Merah Probolinggo Tersisih di Kalimantan, Ternyata ini Sebabnya?

Probolinggo,- Bawang merah asal Probolinggo dan sejumlah daerah di Jawa dikabarkan tidak bisa masuk ke Kalimantan …