BANGGA: Forkopimda Kabupaten Lumajang foto bersama di Pura Mandaragiri Semeru Agung Senduro. (foto: Asmadi)

Mantab! Desa Senduro Lumajang Dinobatkan jadi Kampung Moderasi Beragama

Lumajang,- Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang merupakan salah satu kawasan yang memiliki potensi wisata menakjubkan. Salah satu wisata andalannya tentu adalah Puncak B29.

Puncak B29 banyak dikenal oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara lantaran eksotika alamnya. Bahkan, kawasan ini disebut sebagai Negeri di Atas Awan.

Namun, Desa Senduro ternyata tidak hanya kaya potensi wisata. Wilayah ini menjadi satu-satunya wakil dari Provinsi Jawa Timur, yang dinobatkan sebagai Kampung Moderasi Beragama oleh Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kementerian Agama RI.

Peresmian Desa Senduro sebagai Kampung Moderasi Beragama, dilakukan secara daring di Pura Mandhara Giri Semeru Agung, Desa Senduro Kecamatan Senduro, Kamis (27/7/23). Jajaran Forkopimda Kabupaten Lumajang hadir dalam kegiatan tersebut.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq berharap, agar moderasi beragama bukan sekadar simbol dan slogan saja. Melainkan menjadi komitmen pemerintah daerah untuk menjamin keamanan dan kerukunan seluruh umat beragama di Kabupaten Lumajang dalam menjalani kehidupan sosial.

“Kami berkeinginan bahwa moderasi beragama tidak hanya menjadi sebutan dalam sambutan, kami harus hadir untuk semua. Berbagai agama di Kabupaten Lumajang harus merasa kehadiran kami pemerintah. Komitmen kami, moderasi bergama harus hadir, nampak dan dirasakan oleh semua umat beragama khususnya di Kabupaten Lumajang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Jawa Timur, Husnul Maram mengatakan, saat ini sudah ada 84 desa dan kelurahan yang sudah menerima Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Agama menjadi Kampung Moderasi Beragama di Provinsi Jawa Timur.

Ia menargetkan, seluruh desa dan kelurahan di wilayah Jawa Timur menjadi Kampung Moderasi Beragama. Dengan demikian, tenggang rasa dan kerukunan antar umat beragama dapat terjaga.

“Di Jawa Timur yang sudah mendapatkan SK ada 84 desa dan 665 daerah masih menyusul. Target kami, ini bergerak terus semua desa kami jadikan kampung moderasi beragama,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Jaga Kondusifitas, Pj. Bupati Lumajang Harap Pilkades jadi Pendidikan Politik

 

Editor: Mohamad S
Publisher: Moh. Rochim

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …