Mencari Kerang Saat Liburan, Wisatawan Pun Riang

Kekayaan alam di Kabupaten Probolinggo memang begitu melimpah, mulai dari kekayaan alam di darat maupun di lautnya. Secara geografis Probolinggo memang memiliki laut yang memanjang dari Kecamatan Tongas di ujung barat hingga Kecamatan Paiton di ujung timur sepanjang 56 kilometer.

Hal ini membuat Kabupaten Probolinggo banyak memiliki banyak wisata pantai yang menawarkan keindahan bahari. Di akhir pekan, wisata pantai di Probolinggo ramai dikunjungi warga.

Namun, sebagian pengunjung wisata pantai tak ingin menghabiskan akhir pekannya dengan menikmati keindahan lautnya saja. Sebagian juga asyik berenang dan mencari kerang, seperti halnya di wisata Pantai Duta di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton.

Hampir setiap akhir pekan tiba, wisata tersebut selalu ramai didatangi pengunjung sejak pagi. Ada yang langsung menikmati keindahan hutan mangrove yang ada, ada juga yang duduk di tepian pantai sambil menikmati ombak yang berkejaran.

Beranjak siang, beberapa pengunjung mulai ada yang mandi di laut, sebagian lainnya asyik mencari kerang. Ekosistem laut yang masih terjaga, membuat pengunjung bisa dengan mudah mendapatkan kerang di pantai tersebut.

“Semakin siang kan airnya semakin surut, jadi mudah cari kerangnya. Kalau terlalu pagi airnya masih pasang, tidak berani,” kata Ahmad Rozi, seorang pengunjung.

Pria yang berasal dari Desa Pedagangan, Kecamatan Tiris tersebut melanjutkan, untuk mengisi liburannya, pantai memang menjadi destinasi wisata favoritnya. Pasalnya, rumahnya yang berada di daerah dataran tinggi, membuatnya bisa sangat nyaman menikmati liburan dengan pemandangan laut.

“Ini saya ajak anak dan istri, semuanya juga ikutan cari kerang,” ujarnya.

Alat yang ia gunakan untuk mencari kerang juga tidak sulit didapat. Ia bisa menggunakan sendok makan, atau ranting pohon untuk menggali lumpur yang menjadi tempat kerang bersembunyi. Bahkan dengan tangan kosong sekalipun, ia tetap bisa mendapatkan kerang di pantai tersebut. Kerang yang didapatkan, langsung dimasukkan ke kresek putih yang dipegang istrinya.

Baca Juga  Mati Berhari-hari, PJU Kraksaan Dikeluhkan

“Setiap ke pantai pasti selalu cari kerang, selain keseruannya dapat, lauk untuk makan di rumah juga ada tambahan,” ucapnya seraya tertawa.

Senada dengannya, Wahyu Ningsih salah seorang pengunjung lainnya mengatakan, setiap berlibur ke pantai ia biasanya memulai dengan mencari kerang. Baru ketika sore tiba, ia mulai bersantai sambil menikmati panorama senja di pantai tersebut.

“Perlulah berlibur, biar kesibukan kerja ada upahnya dengan keseruan mencari kerang dan menikmati senja. Nanti sampai di rumah tinggal dimasak,” terangnya. (*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Komunitas ‘Ndonesa’ Krejengan, Hidupkan Permainan Tradisional yang Tergerus Gadget

Krejengan,- Perkembangan zaman membuat permainan tradisional berangsur punah. Anak-anak hingga menginjak remaja, lebih gemar menggunakan …