Kemeriahan Agustusan di Tamansari Kraksaan, dari Tarik Tambang hingga Lomba Adzan

Kraksaan,- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) menggema di berbagai pelosok tanah air. Salah satunya, seperti yang terlihat di Desa Tamansari, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Minggu (6/8/22) malam.

Aneka lomba bertajuk agustusan, digelar dengan meriah. Diantaranya lomba tarik tambang dan sodor bagi pria-wanita dewasa. Sedangkan untuk anak-anak ada lomba balap karung, makan krupuk, pukul kendi dan masukan paku dalam botol.

Kepala Desa (Kades) Tamansari, Hosni (52) mengatakan selain lomba yang menguras fisik, ada pula lomba rohani seperti lomba mengaji dengan tartil, mengumandangkan adzan, mensalatkan jenazah dan membaca tahlil.

“Jadi semua warga bisa mengikuti lomba, mulai yang tua hingga anak-anak. Lomba rohani memang sengaja saya khususkan ke anak-anak untuk menghafal dan bisa diamalkan ketika sudah dewasa,” ujar dia.

Hosni menyebut hadia lomba-lomba beraneka ragam, berupa tas sekolah bagi anak-anak dan berbagai alat dapur bagi ibu rumah tangga.

Sedangkan hadiah utama berupa dua ekor kambing dan uang tunai sejumlah Rp500 ribu.

” Untuk lomba anak-anak ada tas sekolah dan sertifikat dilelangkapi dengan piagam. Untuk lomba tarik tambang ini hadiahnya kambing dan uang Rp500 ribu,” paparnya.

Sementara itu, ketua pelaksana lomba Suparman (30) mengatakan, lomba sudah digelar sejak Jum’at (5/8/22) lalu. Rencananya; lomba akan diselenggarakan selama hari kedepan.

“Perlombaan ini dimulai sejak Jum’at Kemarin, targetnya tanggal 15 Agustus sudah selesai. Tetapi bisa jadi ini lebih dari target karena persaingan lombanya sangat ketat sehingga pertandingan selanjutmya diundur untuk memulihkan stamina peserta lomba,” urainya.

“Seperti lomba sodor sama lomba tarik tambang, ini lama selesainya karena memakan waktu yang tidak sebentar,” ia memungkasi. (*) 

Baca Juga  Nelayan Probolinggo Hilang Saat Jaring Ikan

 

Editor : Efendi Muhammad

Publisher : Zainullah FT

Baca Juga

Pasca Banjir Lahar Hujan Semeru, 8 Jembatan Rusak, Warga Kembali Dievakuasi

Lumajang,- Sebanyak 32 Kepala Keluarga (KK) yang berada di Dusun Krajan, Desa Sumberurip, Kecamatan Prononjiwo …