Jamaah Aboge Shalat Idul Adha Hari Ini

Probolinggo – Jamaah Aboge (Tahun Alip Rebo Wage) di sejumlah tempat di Kabupaten Probolinggo menggelar sholat Idul Adha, Senin tadi pagi (11/7/2022). Salah satu jamaah Aboge di Desa Leces, Kecamatan Leces yang dipimpin Kiai Buri Mariye

Sejak pukul 06.00, puluhan umat Aboge di Leces ini mendatangi Masid Al Barokah untuk menggelar sholat Idul Adha. Sama seperti sholat Idul Fitri, sejumlah jamaah yang datang ke masjid ini membawa makanan yang kemudian dimakan bersama-sama usai sholat.

Barulah tepat pukul 06.30, sholat Idul Adha dimukai. Berdasarkan kitab Mujarobat, hitungan tanggal 1 Besar (1 Dzulhijah) versi Aboge, menerapkan patokan Sar Pat Ji (bulan Besar Papat Siji). Artinya Besar (Dzulhijah) hari ke-4 dan pasaran ke-1.

Dari hitungan tersebut, maka Idul Adha jatuh pada Senin Pon (11/7/2022).

“Dari hitungan tersebut, sholat Idul Adha jamaah Aboge jatuh pada hari Senin, dengan selisih satu hari dari sholat Idul Adha yang ditetapkan oleh pemerintah,” ujar tokoh jamaah Aboge di Leces, Kyai Buri Mariye.

Setelah sholat Idul Adha, jamaah Aboge melaksanakan tradisi makan bersama. Hal ini untuk mempererat silaturahmi antar jamaah.

Salah satu jamaah Aboge, Sholihin, mengatakan, meski berbeda sehari dengan pemerintah, namun warga sekitar tetap rukun. Mereka juga menggelar penyembelihan hewan kurban bersama.

“Untuk jamaah Aboge di Leces tahun ini hanya memotong satu domba. Sebenarnya kami juga hendak memotong sapi tapi karena kondisinya sakit, sehingga tidak dipotong,” ujarnya. (*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Demi Hadiri Haul Kiai Hasan Genggong, Pemuda ini Rela Jalan Kaki Puluhan Kilometer

Baca Juga

Mimpi itu Kini Nyata! Penjual Sandal Keliling di Pasuruan Akhirnya Berangkat Haji

Pasuruan,- Bagi Yahya (48), warga Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, tahun 2024 ini menjadi …