Jumlah Hewan Kurban Disembelih di RPH Pasuruan Meningkat 

Pasuruan, – Penyembelihan hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kota Pasuruan pada Hari Raya Idul Adha 1443 H meningkat dibanding tahun sebelumnya. Hal itu diungkapkan Dyan Failasufa, Plt Kepala UPT RPH Kota Pasuruan.

Menurutnya, meskipun warga diperbolehkan menyembelih hewan kurban di wilayah masing masing dengan seizin Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Pasuruan, namun sejumlah panitia qurban baik dari masjid maupun instansi memilih memotongkan sapi dan kambing kurban di RPH.

“Trennya lebih banyak tahun ini dibanding tahun lalu,” kata Dyan, Minggu (10/7/2022).

Dijelaskan Dyan, total sudah ada sekitar 40 sapi dan 55 kambing yang masuk daftar potong di RPH. Untuk biaya retribusi, satu ekor hewan kurban dikenakan biaya Rp25 ribu. Antrean pemotongan hewan kurban di RPH Kota Pasuruan diperkirakan baru bisa diselesaikan hingga Selasa (12/07/2022).

“Ramai pemotongan, hari ini saja kami potong 30 sapi dan 40 kambing. Diperkirakan pemotongan sampai Selasa besok,” jelasnya.

Untuk mencegah adanya sapi terindikasi PMK, sebelum dan sesudah melakukan pemotongan, dilakukan pendataan dan pengecekan ketat kesehatan seluruh hewan kurban. Dari hasil pengecekan, belum ditemukan adanya indikasi hewan kurban yang terjangkit PMK.

“Hasil pengecekan tidak ditemukan PMK, tapi justru lebih banyak ditemukan penyakit cacing hati pada ternak dan itu langsung kami musnahkan,” pungkasnya. (*) 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Lapangan Wonoasih Jadi Opsi Relokasi Pedagang Pasar Wonoasih

Baca Juga

Sempat Mandek, Pembangunan Gedung Inspektorat Kota Probolinggo Bakal Dilanjutkan

Probolinggo,- Pembangunan gedung Inspektorat Kota Probolinggo yang sempat mandek pada tahun 2023 lalu, akan kembali …