Jaga Ekosistem Laut, 210 Modul Rumah Ikan Ditenggelamkan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Jaga Ekosistem laut, Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo menenggelamkan satu paket atau 210 modul rumah ikan (fish apartement) di perairan Pantai Bohai Desa Bhinor, Kecamatan Paiton, Jum’at (5/10/2018)

Penenggelaman dilakukan selama tiga hari, sejak Kamis hingga Sabtu (6/10/2018). Puluhan nelayan yang tergabung dalam KUB Nusa Bakti Desa Bhinor, terlibat dalam penenggelaman modul rumah ikan tersebut. Diketahui, satu modul mempunyai ukuran 20×20 cm dengan panjang 120 cm.

Rumah ikan ditenggelamkan pada kedalaman 15-20 meter dengan jarak 1 mil dari bibir pantai. Dalam satu paket apartemen, disebar pada lahan seluas 1,5 hektar. Bagian bawah rumah ikan yang terbuat dari bahan ‘Poli Prophylene’ dicor agar tidak terombang-ambing ombak laut.

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian para nelayan terhadap kelestarian ekosistem laut. Nelayan tidak hanya menangkap ikan saja, tetapi bagaimana ikan ini bisa berkembang biak dengan baik,” kata Kabid Perikanan Tangkap Diskan Kabupaten Probolinggo, Wahid Noor Aziz.

Penenggelaman rumah ikan ini di maksudkan sebagai areal tempat berkumpulnya ikan sehingga mempermudah nelayan maupun pemancing yang akan menangkap ikan. Setidaknya nantinya bisa menjadi daerah penangkapan nelayan.

“Dengan penenggelaman fish apartement ini, diharapkan terjadi peningkatan sumber daya ikan dan terjadi peningkatan hasil tangkapan nelayan. Selain itu, ikan yang didapat tergolong ikan ekonomis penting, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan,” papar Aziz. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Ribuan Botol Miras-Pil Ilegal Dimusnahkan

Baca Juga

Pemkab Lumajang Susun Rehabilitasi dan Rekontruksi Pembangunan Pasca Bencana

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, terus berupaya mempercepat pemulihan pasca bencana banjir yang melanda sejumlah …