DILANTIK: Serah terima jabatan dari mantan Bupati Timbul Prihanjoko kepada Pj. Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto di Gedung Negara Grahadi Surabaya. (foto: Kominfo Kab. Probolinggo)

Sah Jabat Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto Janji Entaskan Kemiskinan

Probolinggo,- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto resmi menjabat sebagai Penjabat (Pj) Bupati Probolinggo. Ugas dilantik menjadi Pj Bupati Probolinggo oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Minggu (24/9/2023).

Pelantikan Ugas tidak terlepas dari berakhirnya masa jabatan HA. Timbul Prihanjoko sebagai Bupati Probolinggo, Sabtu (23/9/2023) kemarin. Kedepan, roda kepemimpinan Pemerintah Kabupaten Probolinggo akan dijabat Ugas.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo Heri Mulyadi mengatakan, pelantikan Pj Bupati Ugas dimulai sejak pukul 10.00 WIB dan selesai sekitar pukul 14.00 WIB.

“Baru saja selesai, jadi sekarang Kabupaten Probolinggo sudah dipimpin oleh Pj Bupati,” kata Heri, Minggu (24/9/2023).

Ia pun menyebut, Pj Bupati Ugas berkomitmen melanjutkan program-program yang sudah disusun bupati sebelumnya. Bahkan, Ugas akan segera menggelar rapat dengan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Probolinggo guna mengkoordinasikan program-program yang sudah ada.

“Ini Pak Pj Bupati besok (Senin, red.) akan mengumpulkan OPD-OPD untuk rapat internal,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan, dalam perjalanannya menjabat sebagai Pj Bupati, target utamanya adalah menjaga kondusifitas Kabupaten Probolinggo. Menurutnya, menjaga kondusifitas daerah menjelang dihelatnya Pemilu 2024 amat penting dilakukan.

“Target utama ialah kondusif, karena tugas Pj itu yang utama adalah menghantarkan (kondusifitas, red.) sampai ada bupati definitif, intinya pemilu aman,” jelas Ugas.

Selain itu, Ugas juga berjanji akan meneruskan program-program yang sudah direncanakan oleh mantan Bupati Timbul. Diantaranya terkait dengan pembangunan infrastruktur maupun pengentasan kemiskinan.

“Kemiskinan akan terus kami tekan. Salah satunya dengan mendatangkan investor-investor untuk berinvestasi di Kabupaten Probolinggo,” janjinya.

Baca Juga  Hindari Kecelakaan, PUPR Pasang Rambu di Jembatan

Sebagai informasi, berdasarkan data Kabupaten Probolinggo dalam Angka Tahun 2023 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Probolinggo, warga Kabupaten Probolinggo jumlahnya mencapai 1.159.965 orang.

Dari jumlah tersebut, 17,12 persen atau 203.230 di antaranya masih berstatus sebagai penduduk miskin. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …