Puluhan guru honorer menduduki halaman kantor DPRD Kota Probolinggo, protes rekrutmen CPNS 2018. (rs)

Gaji GTT/PTT di Kota Probolinggo Bakal Naik 2 Kali Lipat

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pemeritah Kota (Pemkot) Probolinggo bakal menaikkan gaji Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) . Kenaikan gaji tenaga honorer K2 ini berlaku pada Oktober 2018 atau beberapa hari kedepan.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Probolinggo, Moch. Maskur mengatakan, gaji GTT/PTT akan naik 2 kali lipat dibandingkan yang mereka terima saat ini. Honor GTT yang awalnya Rp. 25 ribu, kini naik menjadi Rp. 50 ribu per jam. Dengan demikian, honor yang semula Rp. 600 ribu, akan menjadi Rp. 1,2 juta per bulan.

“Anggaran sudah direncanakan melalui PAK 2018. Honorer juga sudah mengajukan kenaikan gaji itu. Namun, itu hanya bagi mereka yang masuk kategori K-2 saja, meski kenaikan honor ini masih dibawah UMK,” kata Maskur, Jum’at (5/10/2018).

Mantan Kepala Dinas Sosial ini menjelaskan, untuk tahun ini Pemkot Probolinggo belum bisa memenuhi tuntutan para GTT/PTT untuk mendapat honor sesuai UMK. Tetapi pada tahun depan, tuntutan itu sudah dimasukkan dalam R-APBD 2019.

“Tahun depan, kami mengusahakan honor para GTT dan PTT ini sesuai UMK Kota Probolinggo. Mudah-mudahan disetujui tim anggaran dan dewan,” tambah pria kelahiran Sampang, Madura ini.

Diketahui sebelumnya, puluhan GTT/PTT di Kota Probolinggo melurug Kantor DPRD Kota Probolinggo di jalan Suroyo, Selasa (2/10/2018). Aksi ini dilakukan karena para GTT/PTT tidak puas dengan pendatapatan mereka selama ini. Mereka menuntut kenaikan honor sesuai UMK serta memprotes rekrutmen CPNS yang dinilai diskriminatif. (*)

 

Penulis : Mohammad Rochim

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Walikota Setiyono Digelandang KPK ke Jakarta Usai Diperiksa 11 Jam

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …