Penyandang Disabilitas Dikenalkan Dunia Digitalisasi

Kraksaan,- Pentingnya mengenal teknologi bagi seluruh kalangan membuat Dinas Perpustakaan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) setempat untuk memberikan pelatihan komputer bagi penyandang disabilitas.

Sebanyak 15 penyandang disabilitas yakni, lima tuna netra, lima tuna daksa dan lima tuna rungu anggota Pertuni, Persatuan Disabilitas Kabupaten Probolinggo dan Gerakan Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia antusias mengikuti pelatihan tersebut.

Kepala Bidang Pelayanan Pengembangan Perpustakaan Dispersip Kabupaten Probolinggo, Suryana Nuring Perbawani mengatakan, pelatihan bertujuan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di kalangan disabilitas.

Selain itu, diharapkan banyak masyarakat yang melakukan kegiatan di perpustakaan, tidak hanya bagi penyandang disabilitas akan tetapi juga bagi berbagai kalangan. Siapa pun akan difasilitasi Dispersip untuk memperluas wawasan dan SDM.

“Mudah-mudahan ke depannya ada program penambahan fasilitas bagi penyandang disabilitasi mulai gedung milik sendiri mulai bisa diakses pintu masuk dan tempat kursi, sehingga semua fasilitas yang dibutuhkan tinggal dan bisa langsung dinikmati,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPC Pertuni Kabupaten Probolinggo, Arizky Perdana Kusuma mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan keterlibatan peran disabilitas dalam sektor pembangunan, khususnya bidang infrastruktur di Kabupaten Probolinggo.

“Jadi kegiatan ini untuk penguat teman-teman (disabilitas) dalam mengakses pekerjaan yang setara. Untuk bisa bekerja itu perlu keterampilan, makanya kami menginisiasi ini agar mereka juga mempunyai keterampilan yang sama dengan teman-teman non-difabel lainnya,” tutur Rizky.

Tak hanya itu, menurut Rizky, pelatihan mengenal lebih luas dunia teknologi juga bertujuan untuk mengadvokasi dengan regulasi untuk peluang kerja yang setara bagi difabel di era digitalisasi dengan harapan adanya fasilitas layanan publik yang ramah, khususnya bagi kaum difabel.

Baca Juga  Pamer Makanan saat Siang Bolong, Sekelompok Pelajar Diciduk Satpol PP

“Selain itu, untuk meningkatkan kompetensi teman-teman difabel, khususnya di bidang komputer ini agar mereka juga mempunyai ketrampilan yang dibutuhkan sehingga bisa terserap di lowongan pekerjaan, dan ini juga jadi salah satu yang kami harapkan dari pemerintah,” ujar Rizky. (*)

Penulis: Moh. Ahsan Faradisi
Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …