Domba dan Kambing Juga Divaksin pada Vaksinasi Tahap 3

Probolimggo – Dinas Peternakan Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DPKPP), Kota Probolinggo terus melakukan vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) bagi hewan ternak. Setelah sebelumnya sebanyak 900 dosis vaksin, kali ini pada vaksinasi tahap 3, DPKPP mendapat 3.000 dosis untuk vaksinasi PMK bagi sapi, domba dan kambing.

Hal tersebut disampaikan Kabid Peternakan PDKPP Kota Probolinggo, Suryanto. Dikatakan pada tahap ke 3 ini, DPKPP mendapat 3.000 dosis vaksin dari Dinas Peternakan Provinsi Jatim. Dan sejak Rabu kemarin (22/9/2022), sudah dimulai untuk vaksinasi tahap 3.

“Jadi 3.000 dosis vaksin ini sejak kemarin sudah dilakukan vaksinasi untuk 3.000 ekor ternak, yang mana pada vaksinasi tahap 3 ini tidak hanya vaksinasi pada sapi, namun sekarang sudah mulai kepada domba dan kambing,” ujarnya.

Untuk proses vaksinasi tahap 3 ini, DPKPP melakukan vaksinasi yang cukup berbeda. Di mana, DPKPP fokus vaksinasi ternak di setiap kelurahan di satu kecamatan. Setelah seluruh ternak di 1 kecamatan selesai vaksinasi, maka vaksinasi akan bergeser ke kelurahan di kecamatan lain.

Untuk target vaksinasi tahap 3 ini yakni selama sebulan. Namun jika dalam proses vaksinasi ini tidak ada kendala dan berjalan cepat maka, vaksinasi tahap 3 ini selesai tidak sampai sebulan.

Selain itu, 3.000 dosis vaksin yang didapat DPKPP Kota Probolinggo, selain untuk vaksinasi PMK tahap 2, juga untuk vaksinasi sapi yang belum sama sekali mendapat vaksinasi. Sehingga diharapkan, seluruh ternak sapi, kambing dan domba sudah tervaksinasi.

“Jika nantinya 3.000 dosis telah habis untuk vaksinasi, maka DPKPP Kota Probolinggo akan mendapat vaksin lagi yang masih di tahap 4. Sehingga 7.920 ekor sapi di Kota Probolinggo seluruhnya telah divaksin PMK,” imbuhnya. (*)

Baca Juga  Bupati Tantriana Sidak PPKM Darurat, Pedagang Curhat

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Waspada! Ini Jalur Rawan Laka dan Kriminal Sepanjang Tongas hingga Kota  Probolinggo

Probolinggo,- Untuk mengantisipasi tindak kejahatan maupun kemacetan saat lebaran, Polres Probolinggo Kota mendirikan empat pos …