Delapan Bulan, 284 Warga Lumajang Terjangkit HIV/AIDS

Lumajang,- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang mendeteksi adanya peningkatan kasus Human Immunodeficiency Virus (HIV) Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS) di wilayahnya.

Koordinator Sub Penyakit Menular dan Tidak Menular Dinkes, P2KB Kabupaten Lumajang, Askap Hariyanto mengungkapkan, tercatat ada 284 kasus baru HIV/AIDS di Kabupaten Lumajang.

“Untuk kasus HIV AIDS itu sepanjang tahun 2022 dari Januari hingga Agustus tercatat ada 284 kasus,” kata Askap, Kamis (22/9/2022).

Kasus terbaru HIV di Lumajang, menurutnya, memang grafiknya mengalami kenaikan. “Untuk melihat kevalidan datanya bisa dilihat pada akhir tahun 2022 nanti,” ujar dia.

Untuk saat ini, imbuh Askap, temuan baru pendrita HIV/AIDS yang lebih signifikan yaitu laki-laki sudah mencapai 54 persen dengan rentang usia 25 hingga 49 tahun. Sedangkan sisanya perempuan yang mencapai 46 persen dengan usia yang sama.

“Faktor penyebab penularan yang paling berbahaya ialah tidak berprilaku hidup sehat, jarum suntik dan saat melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman,” ia menegaskan.

Ia menambahkan, kenaikan jumlah kasus HIV-AIDS tersebut tidak terlepas dari terbukanya tempat hiburan malam (THM). Hal ini menyebabkan aktifitas seks bebas lebih masif.

“Untuk langkah antisipasinya, kami rutin melakukan skrining, pendeteksian dini baik secara mobile ataupun bagi pekerja yang memiliki gejala atau indikasi, dengan kesadaran diri datang ke layanan kesehatan,” ucapnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat bila ada yang diduga memiliki resiko terjangkit HIV/AIDS segera melakukan pemeriksaan di puskesmas maupun rumah sakit. “Sejak kemarin pendeteksian melalui jejaring yang ada terus dilakukan untuk melakukan pencegahan,” tutur Askap.

“Deteksi dini terus digencarkan seperti ibu hamil, orang dengan tuberkulosis (TB), orang dengan infeksi menular seksual (IMS) dan Hepatitis. Sehingga melalui pencegahan dan pengendalian sebisa mungkin terdeteksi saat masih dalam kondisi HIV/AIDS stadium dini,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Antisipasi Langka, 3 Pasar Digerojok Ribuan Liter Migor Murah

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Zainullah FT

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …