Okupansi Hotel di Kawasan Bromo Naik, 10% Wisman Asia

Probolinggo – Pelonggaran syarat perjalanan membuat wisatawan mancanegara (wisman) mulai berdatangan ke tempat wisata di negeri ini. Sejak sepekan lalu wisman mulai berkunjung ke Gunung Bromo, yang mana didominasi dari negara-negara Asia.

Setelah lama hanya dikunjungi wisatawan nusantara (wisnu), Gunung Bromo sudah mulai dijunjungi wisman. Selain terlihat di sekitar pintu masuk hingga lautan pasir, juga tingkat hunian (okupansi) hotel juga mulai dihuni wisman.

“Sejak satu pekan lalu, wisatawan asing sudah mulai berdatangan. Namun wisatawan asing yang datang ke Gunung Bromo hingga menginap masih didominasi wisatawan asing asal Asia seperti, Jepang, hingga Korea,” ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Probolinggo, Digdoyo Jamaluddin, Selasa (14/6/2022).

Dari tingkat hunian hotel yang saat ini mencapai 60-70%, wisman yang berkunjung hingga menginap masih berada di angka 10% lebih. Meskipun masih didominasi wisman asal Asia, beberapa wisman asal Eropa juga sudah mulai terlihat di antaranya, dari Polandia.

“Rata-rata, wisatawan asing ini masih berada di Bali dengan waktu yang cukup lama. Dan dari Bali, wisatawan ini langsung menuju Bromo, yang menjadi salah satu destinasi wisata favorit,” imbuhnya.

Diprediksi, kunjungan wisatawan asing dalam beberapa minggu ke depan akan mulai mengalami peningkatan, seiring mulai masuknya musim liburan atau sering di sebut high season. Yakni, mulai Juni hingga pertengahan September,dengan puncaknya pada Agustus. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Nyepi, Jalur Bromo Probolinggo Ditutup

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …