Asyik! Ada Hiu Tutul di Pantai Bohay Paiton

PAITON-PANTURA7.com, Kawanan hiu tutul atau ‘Whale Shark’ muncul di perairan Desa Binor, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Kemunculan satwa langka tersebut diperkirakan sudah terjadi sejak sepekan terakhir.

Kemunculan hiu tutul itu sontak membuat para pengunjung Wisata Pantai Binor Harmony (Bohay) Paiton penasaran. Tak sedikit wisawatan yang berkunjung ke Pantai Bohay berlayar hingga ke tengah kaut karena penasaran dengan kemunculan pemburu plankton itu.

Ketua Komunitas Aktivis Lingkungan Binor Green Community (BGC) Anton Sumarsono mengatakan, ada sekitar 5 ekor hiu yang terlihat muncul di perairan Pantai Bohay. Ia menilai, kemunculan satwa itu tak terlepas karena datangnya musim hujan.

“Setahun sekali (munculnya), dan sekarang ada lima ekor. Seperti biasanya, kemunculannya tidak membahayakan para pengunjung yang ingin melihat dari jarak dekat, karena mereka muncul untuk memburu plankton,” kata Anton, Rabu (23/12/2020).

Kemunculan satwa bernama latin ‘Rhincodon typus’ itu, menurut Sonny, sapaan akrab Anton, tidak menentu. Terkadang muncul pagi hari, namun kadangkala nampak berenang santai saat sore hari sembari menghirup udara.

“Baik anakan atau induk kalau hiu tutul seperti ini tidak terlalu aktif (bergerak). Karena kedatangan mereka kesini hanya mencari makanan saja, kemungkinannya jumlah plankton disini lebih banyak,” ungkap Sonny.

Sementara itu, salah satu pengunjung Pantai Bohay, Veni (26) mengaku sangat puas bisa melihat mamalia langka tersebut dari jarak dekat. Dikatakannya, pengalaman itu baru pertama kali ia alami.

“Semoga bisa melihat lagi kedepannya dengan jumlah yang lebih banyak, biar makin puas dan seru. Salam lestari,” tutup perempuan asal Kota Bandung ini. (*)


Editor: Efendi Muhamad
Publisher: A. Zainullah FT


Baca Juga  Diterjang Banjir Bandang, Akses Menuju Air Terjun Madakaripura Putus

Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …