Operasi Semeru, Pengemudi Main HP, Akan Ditilang

Probolinggo,- Dalam dua pekan ke depan, 13-26 Juni, Satuan Lalulintas (Satlantas) Kepolisian Resort (Polres) Probolinggo, akan menggelar Operasi Patuh Semeru.

Operasi Patuh Semeru 2022 ini bertujuan mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas). Sebab, kecelakaan terjadi salah satunya disebabkan pelanggaran lalu lintas.

Pada operasi kali ini, petugas korps berseragam coklat itu menargetkan tujuh prioritas penindakan dan pelanggaran (dakgar) dengan seruan ‘Tertib Berlalu Lintas Menyelamatkan Anak Bangsa’. Mengingat selain faktor pelanggaran, kecelakaan juga karena kelalaian pengendara.

Ketujuh prioritas dakgar tersebut adalah:

1. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor menggunakan handphone (HP) saat berkendara.

2. Pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor masih di bawah umur.

3. Pengemudi atau pengendara sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang.

4. Pengendara atau pengemudi sepeda motor tidak mengenakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI) dan pengendara ranmor yang tidak menggunakan sabuk pengaman (safety belt).

5. Pengemudi atau pengendara ranmor dalam pengaruh atau mengkonsumsi minuman keras (miras) atau alkohol.

6. Pengemudi atau pengendara ranmor yang melawan arus.

7. Pengemudi dan pengendara ranmor yang melebihi batas kecepatan.

“Selain tujuh sasaran utama, ada juga sasaran lain dalam operasi kali ini yakni, mengantisipasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak dengan melakukan penyekatan di pos penyekatan PMK di Klaseman dan Banjarsawah,” kata Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi.

Lebih lanjut kapolres mengimbau, selama pelaksanaan operasi patuh ini, petugas mengedepankan kegiatan edukatif dan persuasif serta humanis yang didukung penegakan hukum baik secara elektronik maupun teguran.

“Kami harap dengan adanya operasi patuh ini, kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas semakin meningkat sehingga kecelakaan lalu lintas dapat diminimalisir, dan pengendara juga harus waspada dan memperhatikan kondisinya saat mengemudi,” pintanya saat memimpin apel Operasi Semeru 2022. (*) 

Baca Juga  Disperindag Bakal Tata Ulang Pasar Buah Semampir

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Motor Ditendang, Emak-emak Glamor di Besuk Jadi Korban Jambret 

Probolinggo,- Aksi nekad pelaku kejahatan terjadi di siang bolong. Kali ini, maling beraksi di Desa …