BERPRESTASI: Lima mahasiswa Unzah yang mengukir prestasi internasional di Turki (Foto: Moh. Ahsan Faradisi).

Lem Kudo Antar Mahasiswa UNZAH Genggong Ukir Prestasi Emas di Turki

Kraksaan,- Mahasiswa Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong, Probolinggo, kembali menorekan prestasi internasional. Terbaru, lima mahasiswa UNZAH Genggong mengukir prestasi international di Turki.

Lima mahasiswa tersebut adalah Ahmad Zakaria, Hilyatul Jannah, Elok Rizkia Ardiani, Linda Maghviroh, M. Ilham. Mereka mendapatkan penghargaan dari pemerintah Turki dalam ajang Science Project Competition Collaboration with Alfa Eoup Educational Institutions Turki.

Kelimanya dianugerahi Honorable Mention atau gelar kehormatan dari pemerintah Turki yang bermarkas di Bahçekapı, Şaşmaz Blv No:49, 06797 Etimesgut, Ankara, Turki, Rabu (1/6/2022) lalu.

Ajang tersebut diikuti 13 negara lain seperti, Amerika Serikat, Serbia, Korea Selatan, Meksiko, Kazakhstan, Thailand, Hong Kong, India, Macau, Afrika Selatan, Belarusia hingga Rumania.

Pembina lima mahasiswa, Mohamad Rofik mengatakan, produk yang mengantarkan para mahasiswa UNZAH Genggong meraih prestasi adalah lem perekat. Lem perekat buatan mahasiwa tersebut berbahan baku getah pohon kudo.

Kelebihan lem kudo tersebut, jelas dia, selain aman untuk kesehatan (alami), juga kualitasnya atau daya rekatnya dua kali lipat dibandingkan lem pada umumnya. Tak heran bila temuan itu mengantarkan kelima mahasiswa itu meraih prestasi.

“Biasanya lem itu mengandung sintesis, sehingga bisa membahayakan kesehatan bila dihirup. Namun beda dengan lem kudo buatan kami, dijamin aman bagi kesehatan karena terbuat dari bahan-bahan alami,” kata Rofik, Senin (6/6/2022).

Sementara itu Rektor UNZAH Genggong, Abd Aziz Wahab mengapresisasi prestasi yang diraih mahasiswanya di kancah internasional. Ia menyebut, raihan prestasi itu tidak hanya membanggakan kampus tetapi juga nama besar Pesantren Zainul Hasan (PZH) Genggong.

“Kami merasa bangga dan memberikan apresiasi kepada semua mahasiswa yang telah sukses meraih prestasi membanggakan dan juga mengharumkan nama kampus tercinta terlebih ini tingkat internasional. Prestasi yang diraih sangat luar biasa,” ungkapnya.

Baca Juga  Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Cak Thoriq Gandeng UIN KHAS Jember Dirikan Kampus di Lumajang

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri Dies Natalies ke 54 UNZAH Genggong, Senin (6/6/22) sore, memuji mental juara yang dimiliki mahasiswa berprestasi di perguruan tinggi berbasis pesantren tersebut.

Dijelaskan Khofifah, untuk menggapai 68 kali juara nasional dan 7 kali juara internasional sepanjang 2021 tentu tidak mudah. Prestasi itu, tentu saja sangat membanggakan.

“Semoga semakin jaya dan terus berkontribusi bagi nusa dan bangsa, melahirkan intelektual-intelektual yang tidak sekedar cerdas tapi juga berbudi pekerti luhur,” puji Khofifah. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Exfesh 2024 di Genggong Tuntas, ini Dia Para Jawaranya

Probolinggo,- Kompetisi antar pelajar Excellent Festival of SMA Unggulan Haf-Sa (Exfesh) di lingkungan Pesantren Zainul …