INZAH Genggong Jadi Tuan Rumah Lomba Gema Arobiyah se-Tapal Kuda, Ini Targetnya

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sekitar 250 peserta dari 57 delegasi memeriahkan lomba Gema Arobiyah se-Tapal Kuda, yang digelar Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut ilmu ke-Islaman Zainul Hasan Genggong (INZAH) Kraksaan Probolinggo.

Panitia pengarah lomba, M. Riskil Hidayat mengatakan, lomba yang memasuki tahun kedua ini digelar untuk meningkatkan kemampuan bahasa arab mahasiswa sepanjang wilayah Pasuruan hingga Banyuwangi. Dengan begitu, bahasa dan sastra arab bisa menyebar lebih luas.

“Sudah saatnya bahasa arab melebur ke tengah masyarakat. Dalam lomba ini, peserta bisa mengembangkan kemampuan berpidato, syi’ir, nyanyi maupun baca kitab dan kaligrafi, yang semuanya berguna saat mereka terjun ke masyarakat,” ujar mahasiswa asal Desa Klampokan, Kecamatan Besuk ini, Rabu (7/2/2018).

Dalam lomba ini, terdapat 3 aspek yang menjadi tolak ukur dewan juri dalam menentukan pemenang. Aspek pertama ekepresi atau penghayatan, kemudian tingkat penguasaan materi saat di panggung dan terakhir aspek kefasihan peserta.

Suasana lomba Gema Arobiyah di kampus INZAH Genggong Kraksaan, Rabu (7/2/2018).

“Jadi, dari ketiga aspek ini kita ambil poin tertinggi untuk menentukan pemenang. Saya pikir kegiatan ini positif sekali, baik bagi pengembangan khazanah sastra arab di INZAH maupun di Jawa Timur,” papar salah satu dewan juri, Mujibur Rahman kepada PANTURA7.com.

Sementara bagi peserta, lomba Gema Arobiyah se-Tapal Kuda tidak hanya memupuk kemampuan berhahasa arab, namun juga memberikan jaringan pengetahuan dengan sesama pelajar dari daerah luar.

“Alhamdulillah, saya senang bisa asah kemampuan sekaligus menambah banyak teman. Soal juara atau tidak, saya serahkan ke dewan juri, yang penting sudah berusaha maksimal, bahkan persiapan saya lakukan lebih dari sebulan lalu,” ungkap Khoirotul Aini, delegasi dari MA Raudotul Muta’allimin Opo-Opo Krejengan.

Lomba baca kitab, kaligrafi dan tahfidz yang digelar hari ini, bakal menjadi penutup dari serangkaian lomba yang sudah digelar sejak Senin (5/2/2018) kemarin. Sementara pengumuman pemenang akan dilakukan pada Rabu malam nanti. (des/arf).

Baca Juga  Dua Sekolah di Kota Probolinggo Jadi ‘Prototipe’ Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Baca Juga

Mimpi itu Kini Nyata! Penjual Sandal Keliling di Pasuruan Akhirnya Berangkat Haji

Pasuruan,- Bagi Yahya (48), warga Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, tahun 2024 ini menjadi …