Menyamar Cari Cicak, 4 Pencuri Gondol Motor dan Uang

Probolinggo – Pelaku pencurian saat ini memiliki berbagai cara untuk melancarkan aksinya seperti yang terjadi di Gang Pajak 2, Kelurahan/Kecamatan Kanigaran, Minggu dini hari (5/6/2022). Berkedok sebagai pencari cicak, pelaku berhasil mencuri motor, uang tunai dan kamera CCTV yang terpasang.

Ketua RT 7, RW 14, Agus Subagyo (60) saat ditemui menceritakan, aksi pencurian terjadi Minggu dini hari. Sebelumnya, sejumlah warga Jalan Mastrip Gang Pajak 2 sempat melihat empat orang mencurigakan di berada di barat rumah seorang warga.

“Sekitar pukul 00.00 lebih, saat warga jagongan terlihat empat orang sedang mencari cicak. Namun warga tidak curiga karena empat orang ini mencari cicak,” ujarnya.

Barulah, saat warga mulai istirahat sekitar pukul 01.30, empat orang tersebut beraksi. Di mulai dari rumah Leo David, dimana pelaku masuk ke rumah dengan memanjat pagar. Namun pelaku gagal mencuri motor matik milik Leo lantaran gerbang rumah tak dapat di buka.

Tak hanya itu, pelaku juga memasuki rumah pedagang sate, Abdullah (37). Di rumah Abdullah, pelaku berhasil menggasak uang tunai sebesar Rp1,3 juta, yang disimpan di dalam tas yang ditaruh di depan TV.

Pelaku berhasil masuk ke dalam rumah lantaran pintu dan gerbang rumah lupa tak dikunci.

“Selain itu, karena kondisi perumahan sepi, dan tak ingin pelaku ditandai, salah seorang pelaku mengambil kamera CCTV yang terpasang di salah satu konter milik Danang. Hal tersebut diketahui dari rekaman CCTV yang menunjukkan salah seorang pelaku mengambil CCTV,” imbuh Agus Subagyo.

Tak hanya uang Rp1,3 juta dan CCTV yang dicuri. Kawanan pelaku yang berkedok sebagai pencari cicak tersebut mencuri sebuah motor Honda Beat Street, dengan nopol N 6229 QH, milik Roy Arif Budiman (44).

Baca Juga  Motor Keluarga Pasien Dicuri, Pelaku Terekam CCTV

Roy baru mengetahui motor yang ia parkir di teras rumah tiap harinya saat pagi hari.

“Pelaku ini merusak gembok pagar rumah dan membawanya, bersama motor matik milik saya, usai kejadian pencurian tersebut, kejadian pencurian tersebut sudah saya laporkan ke Polsek Mayangan,” ujarnya.

Sementara, saat dikonfirmasi, Ipda Kumoro, Kanit Reskrim Polsek Mayangan membenarkan, korban pencurian motor sudah melapor. Anggotanta juga sudah melakukan olah TKP.

Sementara, terkait aksi pencurian yang lain, polisi belum menerima laporan.

“Pencurian motor sudah dilaporkan, petugas sudah melakukan olah TKP dan memintai keterangan saksi. Namun untuk pencurian uang, kamera CCTV, dan percobaan pencurian belum ada laporan. Untuk pencurian motor masih dalam penyelidikan,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Rekontruksi Pembunuhan di Grati Pasuruan, Korban dan Pelaku Sempat Rebutan Bondet

Pasuruan,- Polres Pasuruan Kota menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan terhadap Sunariyo (50), warga Dusun Wringinanom, Desa …