Antisipasi Penyebaran PMK, Polresta-DPKPP Sekat Lalu Lintas Sapi

Probolinggo – Untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di Kota Probolinggo, Polresta dan instansti terkait langsung bergerak. Polresta ersama Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKP) serta Dinas Perhubungan (Dishub), Selasa siang (7/6/2022) melakukan pemeriksaan sapi yang hendak masuk ke Pasar Hewan Wonoasih.

Pemeriksaan ini hewan ini dilakukan di ujung jalan menuju Pasar Hewan di Kelurahan Jrebeng Kidul. Setiap kendaraan yang mengangkut sapi menuju pasar diberhentikan dan diperiksa kondisi sapinya.

Setelah dinyatakan sehat, sapi diperbolehkan masuk dan diperjual-belikan di pasar.

“Pendirian pos dan pemeriksaan sapi yang hendak masuk ke pasar ini dilakukan untuk memutus mata rantai PMK. Namun jika dalam pemeriksaan ditemukan sapi yang terindikasi PMK, sapi tersebut sementara tidak boleh masuk pasar. Sapi tersebut dikembalikan ke kandangnya untuk diisolasi,” ujar Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Wadi Sa’bani.

Tak hanya melakukan pemeriksaan sapi di pos, petugas gabungan juga melakukan pengecekan di dalam pasar.

Petugas gabungan juga memberiksan sosialisasi terkait penyakit PMK, dimana jika ternak warga terindikasi PMK, untuk tidak dijual, namun segera diobati dengan DPKP.

“Nantinya, sapi yang sudah dikarantina berbasis kandang akan mendapat pengobatan intensif dari dinas sehingga sapi tersebut dapat kembali sehat dan dapat dijual,” imbuhnya.

Sementara, pedagang sapi asal Wonoasih, Jazuli mengungkapkan, semenjak adanya PMK, harga sapi turun. Dicontohkan sapi seharga Rp20 juta turun menjadi Rp18 juta. Selain itu, setiap hari pasaran (pasar buka) Selasa dan Sabtu, jumlah sapi yang dijual selalu menurun.

“Selain harga turun, pembeli sapi juga turun lantaran adanya PMK. Hal ini berimbas kepada pedagang yang mengurangi jumlah pembelian sapi yang untuk dijual lagi,” ujarnya. (*)

Baca Juga  Kebuli Mangga, Kuliner Langka nan Lezat Khas Kota Probolinggo

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …